03 January 2013

Honda CB 150R,berkompresi tinggi namun tetap bisa minum Premium




Kalau ente semua liat spesifikasinya si Teralis atau CB 150 R  ini,kompresi mesinnya udah menyentuh angka 11 : 1 ! Weleh-weleh,motor jaman sekarang tinggi-tinggi banget yak kompresinya, “apakah ini salah satu langkah menuju emisi gas buang  EURO 3?”.Kalau kompresinya 11 : 1 berarti minumnya ga boleh premium lagi dong.Harus Pertamax! “WEEDAN!!! Di Medan Harga Pertamax 92/liternya saja sudah di kisaran harga 10.400”.Kalau tetep ngotot pake Premium juga di kompresi mesin si motor yang udah 11 itu,yah palingan pistonnya jebol karna “knocking
Sebelum kita ke arti Knocking,ane mau bagi tau dulu sama ente semua,apa bedanya BBM beroktan tinggi dan rendah itu.BBM yang beroktan rendah “Premium” itu terbakarnya cepat bro,karna itu tadi oktannya rendah.Kalau BBM yang beroktan tinggi “Pertamax” itu terbakarnya lama bro,ya karna oktannya juga tinggi.Ane juga kurang tau lebih lanjutnya,he he he..

Nah kalau kita pake motor yang kompresi mesinnya itu 10 ke atas,itu wajib pake pertamax bro.Gini nih,di saat terjadi pembakaran di dalam mesin,di atas kepala piston maksudnya.Jika kita memakai Premium untuk motor yang berkompresi tinggi,maka pada saat piston sedang naik ke atas untuk “TMA (Titik Mati Atas)” itu Premium udah terbakar bro,seharusnya tunggu si piston TMA dulu,baru deh itu BBM terbakar sehingga piston kembali ke bawah.Nah kejadian ini (piston naik,saat piston naik BBM sudah terbakar sehingga piston di paksa turun,sementara dalam keadaan naik) lama kelamaan akan membuat piston KO alias JEBOL!

Tapi tenang,AHM kayaknya benar-benar perhatian sama calon pembeli si CB 150 R ini bro.Memang sih mereka gak melakukan recall untuk semua CB 150R yang sudah di distribusikan ke seluruh Indonesia untuk menurunkan kompresi mesin “HA HA HA! Bisa gawat itu!”

Tapi mereka memundurkan timing pengapiannya bro,jadi bisa sesuai untuk memakai BBM jenis premium yang tipikalnya cepat terbakar.Jadi aman deh “kita” kalau make si CB 150R ini bro,ga perlu nguras dompet untuk kasih minum Pertamax! Ha ha ha! Tapi AHM tetap menyarankan untuk pake Pertamax bro.,Okelah bro,sekian posting odong-odong di blog yang juga odong-odong ini,, Semoga bermanfaat! Wassalam!! “CIAW!!’ (www.sobatmotor.com)



Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Honda CB 150R,berkompresi tinggi namun tetap bisa minum Premium
    4/ 5
    Oleh