21 June 2013

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi




Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Menyambung posting ane tempo hari masbro,si Jupe aka Jupiter Z ane mati tiba-tiba dan tak mau hidup lagi (klik di sini).Dan kebetulan hari ini ane ada waktu untuk yah servis kecil si jupe masbro.Sekitar jam 11 ane udah nyampe di Dealer Yamaha deket rumah ane.Langsung deh ane daftar (lupa bawa bukunya masbro,,he he) terus ane tungguin deh giliran ane.Setelah yah sekitar 30 menit Jupe kesayangan ane masuk "service room" ha ha ha.Niat pertama ane cuman nyuci karburator doang masbro.Membersihkan kerak-kerak di karburator.

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Awal datang service room rame amat yak..

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Body depan di lepas..

Setelah si mekanik membawa si Jupe ke "service room",tak berapa lama anepun datang menghampirinya bro.Langsung to the point ane menanyakan perihal mengapa Jupiter Z ane bisa mati tiba-tiba dan ketika di kick starter tidak ada kompresinya.Sang mekanik pun menjawab kalau itu adalah penyebab dari kotornya karburator dan silinder alias ruang pembakaran.Ia mengatakan "kalau kerbunya kotor (berkerak),keraknya bisa masuk ke silinder dan mengakibatkan klep tersangkut (alias ga bisa nutup lagi,makanya ruang bakar kehilangan kompresi).Dan yang lebih parahnya lagi,jika kita sama sekali tak pernah membersihkan karburator dan silinder dari kerak karbon sisa pembakaran maka bisa saja kerak tadi masuk dan terselip ke sela-sela ring piston dan mengakibatkan "piston bocor".Syukurlah kini ane sudah lega masbro,kenapa si Jupe ane bisa kehilangan kompresi.Selain karna sisa pembakaran kotoran juga bisa masuk dari endapan bensin bahkan bensinnya masbro..
Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Mekaniknya cepat amat gerakannya,he he..
Tapi berhubung ane datangnya hampir jam 12 siang (waktu istirahat) jadi ane putuskan kali ini hanya mencuci karburator.Bersihin silindernya kapan-kapan aja deh,he he he soalnya termasuk service besar itu masbro,bukan service ringan.
Si mekanik juga menganjurkan ane untuk memakai Pertamax di campur dengan bensin agar ruang bakar tidak cepat kotor.Kenapa Pertamax campur bensin? si mekanik mengatakan ini bertujuan agar mesin tidak cepat panas.Imho jadi bener nih Pertamax bisa membuat mesin cepat panas.
Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi

Last,menjaga dan merawat motor kesayangan memang membutuhkan tenaga,waktu dan uang bro,he he.Tapi di samping semua itu menjaga dan merawat motor juga merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai si pemilik motor,bener kan masbro?
Nah jadi masbro jangan malas untuk bersihin ruang pembalaran dan karburator,atau kalau ga mau repot bawa aja ke tempat service terdekat.
Wassalam masbro!
Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Room service yang mulai sepi,.(jam 12 waktunya istirahat)

Bye the way busway setelah Karburator si Jupe di bersihkan dari kerak tarikan menjadi berbeda masbro,lebih responsif dan langsam juga menjadi lebih nyaman...




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
    4/ 5
    Oleh