Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi

Menyambung posting ane tempo hari masbro,si Jupe aka Jupiter Z ane mati tiba-tiba dan tak mau hidup lagi ( klik di sini ).Dan kebetulan h...

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Menyambung posting ane tempo hari masbro,si Jupe aka Jupiter Z ane mati tiba-tiba dan tak mau hidup lagi (klik di sini).Dan kebetulan hari ini ane ada waktu untuk yah servis kecil si jupe masbro.Sekitar jam 11 ane udah nyampe di Dealer Yamaha deket rumah ane.Langsung deh ane daftar (lupa bawa bukunya masbro,,he he) terus ane tungguin deh giliran ane.Setelah yah sekitar 30 menit Jupe kesayangan ane masuk "service room" ha ha ha.Niat pertama ane cuman nyuci karburator doang masbro.Membersihkan kerak-kerak di karburator.

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Awal datang service room rame amat yak..

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Body depan di lepas..

Setelah si mekanik membawa si Jupe ke "service room",tak berapa lama anepun datang menghampirinya bro.Langsung to the point ane menanyakan perihal mengapa Jupiter Z ane bisa mati tiba-tiba dan ketika di kick starter tidak ada kompresinya.Sang mekanik pun menjawab kalau itu adalah penyebab dari kotornya karburator dan silinder alias ruang pembakaran.Ia mengatakan "kalau kerbunya kotor (berkerak),keraknya bisa masuk ke silinder dan mengakibatkan klep tersangkut (alias ga bisa nutup lagi,makanya ruang bakar kehilangan kompresi).Dan yang lebih parahnya lagi,jika kita sama sekali tak pernah membersihkan karburator dan silinder dari kerak karbon sisa pembakaran maka bisa saja kerak tadi masuk dan terselip ke sela-sela ring piston dan mengakibatkan "piston bocor".Syukurlah kini ane sudah lega masbro,kenapa si Jupe ane bisa kehilangan kompresi.Selain karna sisa pembakaran kotoran juga bisa masuk dari endapan bensin bahkan bensinnya masbro..
Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Mekaniknya cepat amat gerakannya,he he..
Tapi berhubung ane datangnya hampir jam 12 siang (waktu istirahat) jadi ane putuskan kali ini hanya mencuci karburator.Bersihin silindernya kapan-kapan aja deh,he he he soalnya termasuk service besar itu masbro,bukan service ringan.
Si mekanik juga menganjurkan ane untuk memakai Pertamax di campur dengan bensin agar ruang bakar tidak cepat kotor.Kenapa Pertamax campur bensin? si mekanik mengatakan ini bertujuan agar mesin tidak cepat panas.Imho jadi bener nih Pertamax bisa membuat mesin cepat panas.
Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi

Last,menjaga dan merawat motor kesayangan memang membutuhkan tenaga,waktu dan uang bro,he he.Tapi di samping semua itu menjaga dan merawat motor juga merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai si pemilik motor,bener kan masbro?
Nah jadi masbro jangan malas untuk bersihin ruang pembalaran dan karburator,atau kalau ga mau repot bawa aja ke tempat service terdekat.
Wassalam masbro!
Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi

Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Room service yang mulai sepi,.(jam 12 waktunya istirahat)

Bye the way busway setelah Karburator si Jupe di bersihkan dari kerak tarikan menjadi berbeda masbro,lebih responsif dan langsam juga menjadi lebih nyaman...

No comments:

Post a Comment

Name

1290 Super Duke GT,1,1290 Super Duke R,1,1299 Panigale R Final Edition,1,1299 Superlega,1,150 RX,1,250 EXC TPI,2,250ns,1,300 EXC TPI,2,899 Panigale,1,959 Panigale,2,Action Cam,1,Aerox 155,1,Aerox 155 VVA,1,Agenda,1,AHM,7,Alex Lowes,1,All New CB150R StreetFire,11,All New CB150R StreetFire Special Edition,5,All New CBR 150R,27,All New CBR 150R 2016,13,All New CBR 250R,8,All New CRF450R,2,All New CRF450RX,1,All New Honda Beat CBS ISS 2016,2,All New Honda CBR250RR,21,All New Scoopy FI,1,All New Soul GT 125 Blue Core,1,All New Supra GTR 150,6,All New Suzuki Satria F150,12,All New Vixion,4,All New Vixion R,8,Apparel,1,Aprilia,6,Astra Honda Motor,23,Astra Otoparts,1,BAJAJ,3,Balada Mudik 2017,1,Beat,6,Beat POP eSP,6,Beat Street,1,Blue Core,1,BMW,1,BMW Motorrad,5,Bridgestone,1,Byson FI,1,Casey Stoner,1,Catalunya,1,CB 150R,15,CB 150R Facelift,2,CB1000R,1,CB125R,1,CB150R Exmotion,2,CB150SS Racer,1,CB190X,1,CB300R,1,CBR 1000RR,3,CBR 1000RR SP,2,CBR 150R,17,CBR 150R Lokal,2,CBR 250R,3,CBR 250RR,3,CBR 350RR,1,CBR 600RR,1,CBR 600RR 2016,1,CBR1000RR Fireblade 2017,4,Chainlube,2,CMX500 Rebel,1,Combustion Concept,1,CRF150L,11,CRF250 Rally,1,CS 1,1,Desmosedici GP16,2,Dhani Pedrosa,1,Dollar Amerika,1,Ducati,40,Duke 250,1,Duke 390,1,Duke 690,1,Duke125,1,EICMA,6,EICMA 2015,2,Estrella 250,1,EURO 4,1,Exciter 150 FI,1,Fino FI,1,Flashback,1,FZ25,1,Gixxer,2,Gixxer 155,4,Gixxer SF,3,GoJek,1,GoPro,1,GSX 150R,4,GSX-250R,2,GSX-R1000 2017,1,GSX-R125,2,GSX-R150,22,GSX-R250,3,GSX-R600,1,GSX-RR,5,GSX-S150,13,Harga BBM,2,Harley Davidson,2,Helm,2,Hiburan,1,HJC,2,Honda,234,Honda Dream Cup 2017,2,HOT,1,HP4 Race,1,Husni-Sobatmotor,2,Husqvarna,2,Husqvarna 701 Cafe Racer,1,Inazuma,1,Info,3,Insiden,1,Intermezo,1,Jacket,1,Jupiter MX 150 King,4,Kawasaki,112,Kemungkinan,3,KIT GP-9,1,KIT Motor Multiguna,1,KLX150,1,KLX150BF,1,Konsumsi BBM,2,KTM,25,KTM Indonesia,1,M-SLAZ,2,Marc Marquez,2,Megelli,3,Michelins,3,Minerva,4,Mio Z 125,1,MMX 500,2,Modifikasi,28,Monster 1200R,3,Moto GP 2013,8,Motocross,1,MotoGP,185,MotoGP 2014,1,MotoGP 2015,29,MotoGP 2016,46,MotoGP 2017,77,MotoGP 2018,3,Motor Baru,184,MT 125,1,MT-09,1,MT-09 Street Rally,1,MT-10,1,MT-15,4,MT-25,3,MT15,3,MV Agusta,6,MV Agusta F3 800 ABS,2,MX King,1,MX-GP,1,New,1,New Brutale 800,1,New CB150R,2,New Megapro FI,2,New Mio 125 M3,4,New NinjaZX-10R 2016,3,New Panigale V4,1,New Panigale V4 S,1,New Revo FI,1,New Satria F150,12,New Scoopy FI,1,New Vixion Advance,3,New Yamaha Vixion,34,New Yamaha Vixion Advance,4,New Yamaha Vixion Facelift 2015,3,Next CBR 250R,1,NHK,1,Nicky Hayden,5,Ninja 150R,6,Ninja 150RR,20,Ninja 150RR SE,1,Ninja 150RR Special Edition,1,Ninja 150SS,6,Ninja 250 FI SE NASSERT-BEET,1,Ninja 250FI,16,Ninja 250FI 2018,2,Ninja 250RR,10,Ninja 250SL,2,Ninja 300FI,4,Ninja H2,17,Ninja H2 Carbon,1,Ninja H2 SX,1,Ninja H2R,9,Ninja RR Mono,3,Ninja ZX 25R,2,Ninja ZX-10R,4,Ninja ZX-10RR 2017,1,OHLINS,1,Old Vixion,2,On The Road,1,Opini,103,Otomotif,1,Pameran Otomotif Medan,1,Panigale S 1299 Anniversario,1,Parts,1,Pertamax Plus,1,Pertamax Turbo,2,Pertamina,1,Photo gallery,20,Pierobon,1,Pikson,12,Polling,2,Press Release,10,Pricelist,2,PT Piaggio Indonesia,1,Pulsar 200NS,7,Pulsar RS200,1,Q1,2,RC 250,1,RC16,5,RC16 MotoGP,2,RC213V,3,RC213V-S,8,RC390,3,Recall,3,Restorasi,1,Royal Enfield,1,Rupiah,1,RX King,1,Satria FU 150,22,SHARK,2,Slider,2,Sonic 150 Reborn 2015,3,Sonic 150R,19,Sonic 150R Repsol Edition,2,Sonic reborn,2,Supercharger,2,Supra X 125 FI,2,Supra X 150,3,Suter,2,Suzuki,120,Suzuki Ecstar,4,Suzuki Satria F150 Injeksi,29,SV650 2017,1,Sylvain Guintoli,1,Test ride,6,Thailand,1,Tips,16,Tokyo Motor Show,1,TOP 1 CLASSIC 20W-50 JASO MA2,1,Top 10 Posting 2015,1,Trackback,7,Turbocharger,1,Valentino Rossi,4,Vario 110 eSP,1,Vario 110 FI,1,Vario 125,1,Vario 125Fi CBS ISS,1,Vario 150,3,Vega Force,1,Ver,3,Verza 150,2,Viar,5,Victory,1,W175,4,Winner 150,1,World SSP300,1,WR 250R,1,WSBK,15,WSS,1,X80R,1,Xabre 150,6,Xeon GT 125,3,XSR700 ABS,1,Yamaha,241,Yamaha New Vixion facelift 2015,2,Yamaha Vixion,1,Young Machine,1,YZF M1,2,YZF R1,7,YZF R1 2015,5,YZF R1-M,3,YZF R1-S,1,YZF R125,3,YZF R15,44,YZF R15 V1,1,YZF R15 V2,9,YZF R15 V3,23,YZF R15-S,3,YZF R25,22,YZF R25 ABS,3,YZF R3,3,YZF R6,1,YZF R6 2017,2,YZR M1,2,Z1000 R Edition,1,Z250SL,1,Z900RS,2,ZX-10R,1,ZX14R,1,
ltr
item
Sobatmotor.com: Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
Kerak sisa pembakaran di mesin dapat menyebabkan mesin mati dan kehilangan kompresi
http://3.bp.blogspot.com/-42Tz0NQ2mmM/UcP4fCCsFoI/AAAAAAAAHIo/oiLwqngxCi4/s1600/Image1500.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-42Tz0NQ2mmM/UcP4fCCsFoI/AAAAAAAAHIo/oiLwqngxCi4/s72-c/Image1500.jpg
Sobatmotor.com
http://www.sobatmotor.com/2013/06/kerak-sisa-pembakaran-di-mesin-dapat.html
http://www.sobatmotor.com/
http://www.sobatmotor.com/
http://www.sobatmotor.com/2013/06/kerak-sisa-pembakaran-di-mesin-dapat.html
true
626557440879438861
UTF-8