02 January 2015

Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale . . .




Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale  . . .
Nah,kalau ngomongin masalah sasis pasti udah ga asing lagi sama yang namanya Deltabox,truss frame, dan lain lain.Kali ini ane bakakalan negbahas tentang sasis Monocoque,ehe apaan tuh sasis Monocoque?..

Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale  . . .
Truss atau tralis frame Honda CB 150R
Selama ini,sasis motor yang umum di produksi di Indonesia ada beberapa jenis,seperti :
  1. Deltabox (lebih sering di gunakan untuk motor sport Yamaha)
  2. Diamond Steel atau truss frame (lebih sering di gunakan untuk motor sport Honda)
  3. Diamond (lebih sering di gunakan untuk motor sport Honda)
  4. Twin Tube Diamond (lebih sering di gunakan untuk motor sport Honda)
  5. Tulang punggung (motor bebek)
Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale  . . .
Deltabox frame Yamaha Vixion
Sebenarnya struktur bentuk frame Deltabox dan diamond sama brosis,cuman karna beda pabrikan jadi beda sebutannya.Perbedaanya hanya kalau pada Deltabox bentuk rangka lebih cenderung sedikit lonjong dan pada diamond lebih cendrung berbentuk persegi alias ada sedikit seginya..
Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale  . . .
Perbedaan antara sasis di atas dengan satu sama lain ialah hanya terletak pada posisi mesinnya saja.Sasis atau rangka yang berfungsi sebagai penopang mesin ini sudah berbentuk satu kesatuan alias tidak terpisah satu sama lainnya.Intinya jenis sasis yang ane sebutin di atas akan menopang mesin motor dengan posisi mesin menempel pada rangka atau sasisnya.Sedangkan pada sasis atau rangka jenis Monocoque itu,mesinlah yang di jadikan "penyatu" antara komponen sasis atau rangka tersebut.. bingung? (sama,he he) coba perhatikan gambar berikut..
Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale  . . .
Konstruksi sasis monocoque ini terbagi atas 4 bagian,yaitu :

  1. Sasis bagian depan (meliputi airbox dan komstir)
  2. Mesin
  3. Sasis belakang
  4. Swing arm
Seperti yang terlihat brosis,mesin menjadi penopang atau penyatu ke 3  komponen frame pada frame jenis monocoque ini.Dan menurut ane pribadi,kalau sudah begini pasi getaran dari mesin bakalan kerasa kesemua penjuru frame,he he bergetar hebat dah pokoknya ridernya.Tapi kelebihannya ialah sasis atau frame monocoque pada keluarga Ducati Panigale membuat bobot motor menjadi lebih ringan.Kelebihannya seperti yang terltulis di sitenya Ducati Panigale R sebagai berikut . .
The 1199 Panigale's chassis marks an enormous innovation: different components have been integrated to give shape to a single compact and lightweight element that enhances the rider's posture to perfect the riding position. The monocoque structure in cast aluminium for increased strength uses the Superquadro engine as a structural element and aids in reducing the bike's total weight by 5 kg. The monocoque frame is fixed directly to the cylinder head, and at front are two aluminium bushings inserted with the steering tube bearings. In addition to performing the traditional function of frame, the monocoque also acts as an air-box and significantly contributes to lowering the overall weight of the motorcycle. Housed inside, besides the air filter, are the throttle bodies and fuel circuit complete with injectors, and the bottom of the aluminium tank (lighter by 1.9% compared to the 1198) is used as a cover for the airbox.
Yang artinya . .
1199 chassis Panigale ini adalah tonggak inovasi besar: komponen yang berbeda telah terintegrasi untuk mewujudkan satu elemen kompak dan ringan yang meningkatkan postur pengendara untuk menyempurnakan posisi berkendara. Struktur monocoque aluminium cast selama meningkatkan kekuatan menggunakan mesin Superquadro sebagai elemen struktural dan membantu dalam mengurangi berat total motor sebesar 5 kg. Bingkai monocoque ditetapkan langsung ke kepala silinder, dan di depan dua bushing aluminium dimasukkan dengan bantalan tabung kemudi. Selain melakukan fungsi biasa frame, monocoque juga bertindak sebagai udara-kotak dan secara signifikan memberikan kontribusi untuk menurunkan berat keseluruhan motor. Bertempat di dalam, selain filter udara, adalah badan throttle dan rangkaian bahan bakar lengkap dengan injector, dan bagian bawah tangki aluminium (ringan sebesar 1,9% dibandingkan dengan 1198) digunakan sebagai penutup untuk airbox.
Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale  . . .
Nah,jadi monocoque frame ini bisa mengurangi berat motor sebanyak 5 Kg.Lha wong sasis depan sekalian airbox dan komstrir.Dan BTW sasis monocoque ini memang yang paling mutakhir dan karna ini sasis berteknologi mutakhir,makanya brosis ga pernah dan ga akan pernah bisa liat ini sasis monocoque di Yamaha Vixion atau Honda CB 150R,CBR 150R atau R15 he he he kemahalan sasisnya yak..

Semoga berguna,dan ane juga ga terlalu tau tentang hal ini tapi ane coba share sekutil pengetahuan ane kepada bro dan sis,wassalam semoga berguna!





Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Mengenal lebih jauh sasis Monocoque pada keluarga Ducati Panigale . . .
    4/ 5
    Oleh