17 February 2015

Tromol depan? masih ingatkah anda?




Tromol depan? masih ingatkah anda?
Di jaman sekarang ini,jamannya sepeda motor yang makin berkembang.Dari yang 2 tak menjadi 4 tak,dari yang tadinya karburator menjadi injeksi..dan dari yang tadinya tromol menjadi disk brake..
Nah,bro kali ini ane akan sedikit mengupaslah tentang si tromol depan yang sudah "yah boleh di bilang hampir langka" karna di jaman sekarang ini banyak pabrikan yang sudah tak lagi mengaplikasikan tromol di depan bro (yang di belakang sih masih banyak,contohnya jupe ane..he he).
Mungkin di karnakan disk brake memiliki cengkraman lebih daripada tromol,dan selain itu disk brake juga terkesan futuristik,modern dan ga jadul.. (sorry yak..he he)
Saat ini bahkan disk brake sudah banyak di aplikasikan pabrikan untuk rem depan dan belakang.
Tromol depan? masih ingatkah anda?
Seperti foto yang di atas,itu foto tromol depan honda supra (lupa ane tahun berapa,yang jelas dan pastinya udah lama banget itu bro..).Tapi menurut ane sih (ane yang make tromol belakang) tromol itu lebih stabil waktu melakukan pengereman bro,karna tromol mendorong secara merata (prinsip kerja tromol itu kayak lingkaran yang melebar) jadi semua bagian yang "berfungsi untuk menahan laju si motor tersentuh secara merata".Lain halnya dengan disk brake yang cuma di pinggir doang daya cengkramnya.
Tapi masih ada nih bro,kelemahan rem tromol menurut ane,yaitu bunyi "nyit nyit nyit" kalau sehabis di cuci,kayaknya sih itu di karnakan kampas tromolnya kotor bro.Ini oengalaman pribadi ane,hampir setiap kali bari di mandiin,ban belakang (tromolnya) si jupiter selalu bernyanyi "nyit nyit nyit" kayak becak jadinya,,ha ha ha..
tapi dengan sendirinya dan lama-lama pasti hilang kok bro..Okelah bro,last semua itu ada kelebihan dan kekurangannya,ga ada yang sempurna bro..
Bener gak? Wassalam masbro..



Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Tromol depan? masih ingatkah anda?
    4/ 5
    Oleh