23 November 2015

Diskbrake dengan bentuk bergelombang akan membuat performa pengereman menjadi lebih baik . . benarkah?





Disk brake dengan bentuk bergelombang akan membuat performa pengereman menjadi lebih baik . . benarkah?
Nah sob,seperti yang kita ketahui bersama,untuk sektor pengeremannya,Suzuki Satria F150 Injeksi akan dilengkapi dengan disk brake dengan bentuk bergelombang.Usut-punya usut,admin laskar Suzuki mengutarakan penggunaaan dari diskbarake bergelombang tersebut akan mempengaruhi performa pengeraman Suzuki Satria F150 Injeksi..

Tapi,bagaimana bentuk piringan/diskbrake ini dapat mempengaruhi performa pengereman?.Berdasarkan dari berbagai refrensi yang ane cari dan rangkum sob,penggunaan diskbrake dengan bentuk bergelombang ini awalnya ditujukan untuk motocross sob.Yap motocross..motor yang sukanya main dilumpur-lumpuran.Tapi karna dilnilai memiliki bentuk yang "joss,manis" makanya orang-orang mulai menyematkan diskbrake jenis ini ke motor lain,selain motocross sob..

Lha terus apa pengaruh dari diskbrake bergelombang ini pada performa pengereman motocross?..
Diskbrake dengan bentuk bergelombang ini bisa dibilang tidak terlalu berpengaruh sob.Kenapa? karna permukaan yang ditekan oleh kampas rem semakin kecil (tidak sebesar/seluas diskbrake bulat biasa),maka hampir besar kemungkinan kalau tujuan utama penggunaan diskbrake bergelombang pada Suzuki Satria F150 Injeksi nanti hanya untuk estetika alias keindahan saja sob..

Tapi,ini bukan berarti bentuk diskbrake bergelombang tidak mempengaruhi performa pengereman sama sekali ya sob.Ada sob,ada,cuma sangatlah sedikit pengaruhnya.Permukaan yang ditekan oleh kampas rem akan menjadi tidak sama rata,dan ini akan menyebabkan diskbrake jenis ini lebih enggan untuk mengunci disaat melakukan pengereman.Jadi bisa dibilang ini sama prinsipnya dengan sitem ABS sob,he he he serupa tapi tak sama..

Dapat membersihkan pringan dari kotoran/lumpur?
Gini nih sob,dengan bentuk yang bergelombang alias tidak bulat melingkar seperti diskbrake pada umumnya,luas permukaan yang dijepit oleh kampas rem pada diskbrake bergelombang ini akan berkurang sob.Ini dikarnakan bentuknya yang tidak bulat merata alias bergelombang.Nah,dan dari sinilah,diskbrake yang bergelombang ini bisa membersihkan lumpur atau kotoran yang menempel di sela-sela kampas rem motocross tersebut sob,jadi prinsipnya sih yahh bisa dibilang seperti di kikis dengan bentuk pringan rem yang tidak rata tersebut (bergelombang).

Diskbrake bergelombang dapat melepas panas dengan cepat?
Yap,ini benar sob,diskbrake dengan bentuk bergelombang dapat melepas panas hasil gesekan dengan kapas rem dengan cepat/lebih cepat dari diskbrake bulat biasa.Ini dikarnakan oleh bentuk diskbrake yang tidak bulat merata sehingga luas permukaan yang ditekan oleh kampas rem juga akan berkurang.Dan otomatis,darisini jumlah gesekan yang tercipta juga akan lebih minim..
Disk brake dengan bentuk bergelombang akan membuat performa pengereman menjadi lebih baik . . benarkah?

Last,dari beberapa kesimpulan dari opini dan berbegai refrensi di atas,kita bisa menyimpulkan kalau penggunaan diskbrake bergelombang pada Satria F150 Injeksi lebih karna estetika yang di ikuti oleh keuntungan sebagai berikut :
  • Bisa membersihkan kotoran yang menempel pada bagian sela-sela diskbrake dan kampas rem
  • Permukaan yang bergesekan dengan kampas rem cenderung lebih sedikit,jadi dapat dengan cepat menghilangkan suhu panas di permukaan diskbrake.
  • Sifat diskbrake yang menjadi enggan untuk mengunci mati disaat melakukan pengereman.
Hm..boleh juga nih sob,he he he,nah itu beberapa pendapat ane mengenai pengaruh bentuk diskbrake terhadap performa pengereman sob.Jadi gimana menurut pendapat sobat sekalian tentang pengaruh bentuk diskbrake ini ? (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Diskbrake dengan bentuk bergelombang akan membuat performa pengereman menjadi lebih baik . . benarkah?
    4/ 5
    Oleh