21 November 2015

MotoGP 2016 : Pembalap masih butuh waktu untuk memahami Michelins . . .





MotoGP 2016 : Pembalap MotoGP masih butuh waktu untuk memahami Michelins . . .
Nah sob,setelah selama 7 tahun berturut-turut Bridgestone menjadi pemasok ban di MotoGP,akhirnya pada musim 2016 nanti pabrikan ban Michelin akan mengambil alih kembali sebagai pemasok ban di MotoGP sob.Dan seperti yang kita ketahui,banyak rider yang jatuh saat mencoba ban baru tersebut.Wakil Presiden HRC,Shuhei Nakamoto mengatakan salah jika hanya menyalahkan ban Michelin untuk jumlah kecelakaan yang terjadi pada tes di Valencia beberapa waktu yang lalu sob.

Catatan lap pembalap yang sudah menguji ban dari Michelin di Valencia memang sudah sangat mengesankan,bahkan mengalahkan catatan waktu yang terbaik (jika dilihat di balapan akhir musim 2015 kemarin).Meskipun di hari kedua,terlihat banyak pembalap yang bertumbangan sob..banyak yang ndlosor..

"Ban yang berbeda, tetapi waktu lap sangat mirip," tegas Nakamoto,Marc Marquez dan Dani Pedrosa  menempati posisi pertama dan ketiga tercepat pada tes tersebut.
"Jadi Michelin sudah memiliki potensi yang sama dengan Bridgestone.Tetapi sudah ada crash pada hari kedua,yang berarti para pembalap masih perlu waktu untuk memahami bagaimana menggunakan ban Michelin."
"Ini adalah alasan utama.crash sendiri bukan kesalahan dari ban Michelin.Ini adalah perubahan besar."
"Teknisi kami juga belajar bagaimana menggunakan ban.Jadi jika kita perlu membuat perubahan pada suspensi,sasis kami akan melakukannya.Tapi saat ini kita perlu lebih banyak waktu. " Ujar Nakamoto..
Nah sob,ban yang diproduksi oleh Bridgestone memiliki cengkraman pada ban depan yang lebih dominan,tetapi grip ban yang diproduksi oleh Michelins lebih cendrung pada ban belakangnya sob.Jadi pastinya,karna hal ini pembalap sedikit banyak harus melakukan penyesuaiaan dengan ban baru ini.Karna karakteristik/profil ban dan kekerasan ban juga terbilang unik dan berbeda untuk setiap mereknya..jadi ga ada ban yang sama..ya iya,he he.

Kehadiran ban Michelins bukanlah satu-satunya perubahan teknis yang terjadi di MotoGP musim 2016 mendatang sob.Software baru dan ECU tunggal juga menjadi hal yang akan merubah gaya balap para rider di MotoGP 2016 nanti.

Last,banyak yang mengatakan kalau MotoGP musim 2016 nanti akan menjadi sangat seru sob,tidak lain dan tidak bukan penyebab utama ialah karna penggunaan ECU yang tunggal.sama untuk semua tim.Wahh..jadi berasa flashback kemasa lampau lagi nih,he he he.Dan dengan kondisi yang seperti ini sob,gap teknologi antar tim akan semakin kecil,yaa iyalah sob,karna sektor ECU memang merupakan sektor yang bisa dibilang menentukan di dalam balapan.Hmm..MotoGP 2016,bakalan seru ini..Semoga berguna dan wassalam ! (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    MotoGP 2016 : Pembalap masih butuh waktu untuk memahami Michelins . . .
    4/ 5
    Oleh