28 November 2015

Setelah uji coba di Jerez . . ini tanggapan Marquez terhadap ECU dan ban baru untuk MotoGP musim 2016 mendatang . .





Setelah uji coba di Jerez . . ini tanggapan Marquez terhadap ECU dan ban baru untuk MotoGP musim 2016 mendatang . .

Seperti yang kita ketahui bersama sob,dimusim 2016 mendatang semua tim di MotoGP akan menggunakan satu jenis ECU standar alias singel ECU sob.Dan dalam uji coba selama 3 hari di Jerez mulai Rabu kemarin,Marc Marquez angkat bicara mengenai elektronik baru yang akan digunakan dimusim 2016 ini sob.

Marc Marquez menunjukkan ketidakpuasannya dalam uji coba di Jerez Spanyol.Meskipun ia mencatat waktu tercepat pada hari pertama (Rabu 25 November),ia mengkritik ban dan elektronik baru yang akan digunakan di MotoGP musim 2016 mendatang sob.Ia memaparkan kalau elektronik baru ini adalah langkah mundur dibanding software yang dipakai tahun ini atau MotoGP musim 2015.

Marquez juga merasa kalau elektronik baru ini masih belum konsisten dan jelas selangkah di belakang software Honda yang telah timnya pakai selama ini sob.Dan PR yang paling besar untuk elektronik baru ini ialah pada bagian pengereman dan kontrol traksi yang masih sulit untuk dikendalikan.Marquez juga mengungkapkan tentang perbedaan yang bisa dirasakannya dari ECU baru ini..
"Kalau Anda tarik gas dan berada di tengah tikungan,maka ketika keluar tikungan dan motor kembali meningkat,maka Anda akan merasakan perbedaan dengan elektronik baru,” ungkap Marquez..
Untuk engine brakenya,menurut Marquez ECU baru ini sudah bekerja baik,tapi masih perlu waktu lagi sebelum bisa memahami bagaimana sifat ECU baru ini ketika berakselerasi.Dan menurut Marquez itu adalah keluhan semua pembalap terhadap elektronik baru ini sob.Dan jelas,semua ini menjadi lebih sulit karna mesin yang akan dugunakan du musim 2016 nanti tidak lagi begitu jinak seperti mesin yang digunakan dimusim sebelumnya.

Dan untuk ban baru yang akan digunakan di MotoGP musim 2016 mendatang,Marquez beranggapan kalau performa dari ban baru ini masih kurang optimal dan ia harus menyesuaikan diri lagi.Ia menuturkan selama pengereman tidak masalah,tapi ia sering merasa ban depan bergeser jauh sob.Karna di Jerez memiliki banyak tikungan berkarakter cepat,sulit untuk merasakan batasannya.Sementara waktu di coba di Valencia beberapa waktu yang lalu,cengkeraman ban belakang baru ini sangat baik.di sini baik tetapi tidak sebagus di Valencia.

Pada hari pertama Marquez menjalani simulasi balap dan hari kedua akan mencoba ban dengan kombinasi berbeda sob.Menurutnya karakteristik ban belakang baru buatan Michelins ini mirip dengan Bridgestone dan satu-satunya perbedaan yang saat ini menjadi masalah ialah pada ban depannya sob.

Sebagai perbandingan nih sob,dengan Bridgestone Mrquez mengungkapkan bisa melaju 20 lap dengan menggunakan ban depan lama (Bridgestone) dengan kombinasi ban belakang baru (Michelins).Tapi dengan menggunakan Michelin,ban depan dan belakang levelnya sama..

Last,balapan MotoGP musim depan akan sangat menarik sob,sebab semua pembalap akan menggunakan 1 ECU saja alias ECU sejenis,jadi balapan akan menjadi lebih menarik karna tidak lagi akan di dominasi oleh teknologi dari tim pabrikan besar sob.Jadi berasa Moto3 atau Moto2 ya sob,he he he.Semoga berguna dan wassalam ! (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Setelah uji coba di Jerez . . ini tanggapan Marquez terhadap ECU dan ban baru untuk MotoGP musim 2016 mendatang . .
    4/ 5
    Oleh