10 May 2016

WSBK : Apakah Honda RC213V-S bisa ikut di ajang balap WSBK ? . . Ini jawabannya




WSBK : Apakah Honda RC213V-S bisa ikut di ajang balap WSBK ? . . Ini jawabannya
Nah..menyambung posting kemarin tentang "kenapa Kawasaki Ninja H2 dan H2R tidak bisa ikut WSBK" (baca), ada pertanyaan yang muncul akan status motor anyar..Honda yang seharga 5 M sob.Yap..siapa lagi kalau bukan Honda RC213V-S yang bersattus sebagai motor jalan raya yang dikembangkan langsung dari Honda RC213V versi MotoGP..

Pertanyaannya sederhana sob..apakah Honda RC213V-S ini bisa ikut balapan dikelas WSBK ?. Dan jawabannya adalah...eng ing eng..

Salah satu syarat sebuah motor layak untuk ikut di ajang balap WSBK ialah jumlah produksi motor itu sendiri sob.Dan saat ini,syarat homologation sebuah motor untuk ikut ajang balap WSBK ialah 125 unit yang sudah di produksi..

Jadi..jika motor mau ikut race WSBK,maka motor itu harus sudah terjual ke pasaran sebanyak 125 Unit.Dan sebagai tambahan nih sob,Honda RC213V-S hanya akan diproduksi sebanyak 213 unit saja diseluruh dunia..intinya hanya akan ada 213 unit Honda RC213V-S.

Dan smapai saat ini,Honda RC213V-S ini sudah terjual sebanyak 213 unit sob..alias habis.Honda sendiri menjual motor tersebut dibeberapa negara seperti Jerman,Jepang,Australia,Amerika dan Eropa.Dengan daftar harga sebagai berikut :
  • Jerman (188.000 euro = Rp 2,8 miliar)
  • Jepang (21,9 juta yen = Rp 2,4 miliar)
  • Australia (A$ 244.000 = Rp 2,5 miliar) 
  • Amerika (US$ 184.000 = Rp 2,451 miliar)
Jadi..syarat homologation Honda RC213V-S yang harus terjual minimal 125 unit sudah terlewati.Tapi..tunggu dulu sob,bukan berarti dengan ini Honda RC213V-S sudah bisa ikut balapan dikelas WSBK..Lhaa..kenapa lagi?

Karna..Honda RC213V-S ini memang bukan tandingan dikelas WSBK sob.Di dukung oleh komponen yang sama "plek" dari motor Honda di MotoGP (ada beberapa perangkat yang ditiadakan,seperti seamles gearbox,dll..sisanya sama),Honda RC213V-S ini pastilah akan lebih kompetitif dibandingkan motor produksi masal Honda lainnya,seperti CBR 1000 Fireblade.

Last,harga memang ga bisa bohong sob..tapi kalau motor jalanan yang dijual seharga 5 milyar di Indonesia ini kalah di ajang balap WSBK,wah..bisa gawat sob..bisa panjang urusannya.Nilai "prestige" dari Honda RC213V-S ini bisa ambrol.

Dan ini mungkin yang sudah dipikirkan terlebih dahulu oleh Honda,makanya sampai saat ini Honda RC213V-S belum terlihat turun balap di WSBK.Lagian..performanya ya jauh di atas motor produksi masal lainnya..masa iya masih mau ikut dikelas WSBK?..Semoga berguna dan wassalam (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    WSBK : Apakah Honda RC213V-S bisa ikut di ajang balap WSBK ? . . Ini jawabannya
    4/ 5
    Oleh