30 July 2016

Mungkinkah jika Kawasaki memproduksi Ninja 250 Fi dengan 4 silinder ?





Mungkinkah jika Kawasaki memproduksi Ninja 250 Fi dengan 4 silinder ?
Nah sob.. di saat sekarang All New Honda CBR 250RR sedang booming boomingnya, isu mengenai Kawasaki NInja 250Fi 4 silinder kembali mencuat.Sempat SM bahas diposting dulu..Kawasaki diisukan berencana untk membuat Ninja 250Fi yang tadinya 2 silinder menjadi 4 silinder...wuihh ngeri..

Dan dari sini..muncul pertanyaan..mungkinkah Kawasaki akan membuat mesin dengan kubikasi 250cc namun dengan menggunakan 4 silinder?..

Bukan tidak mungkin Kawasaki membuat Ninja 250Fi dengan 4 Silinder. Tapi..ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika Kawasaki memang benar benar akan membuat Ninja 250Fi menjadi 4 silinder.

Karna dalam membuat sebuah produk setiap pabrikan entah itu Yamaha, Kawasaki, Honda, Suzuki dan pabrikan pabrikan sepeda motor ternama lainnya mempertimbangkan banyak sekali faktor.Dan ada beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh pabrikan jika ingin membuat mesin 4 silinder..seperti berikut ini..

Pertama,mesin dengan 4 silinder memang akan menghasilkan RPM lebih tinggi dan sekaligus bisa mengail tenaga lebih besar.Tapi..efek dari karakter mesin dengan RPM tinggi ini ialah konsumsi BBM yang semakin boros

Yang kedua ialah,dengan mesin 4 silinder, mesin akan menjadi lebih berat dan lebar.Silinder head juga jauh lebih panas  dibandingkan dengan mesin 2 silinder. Dan dengan cuaca Indonesia yang memang sudah panas tentu mesin 4 silinder akan banyak menyiksa rider.

Yang ketiga,dari sisi maintenance atau perawatan.Biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat mesin 4 Silinder juga jauh lebih mahal dari mesin 2 Silinder karna parts/bagian bagian mesin menjadi lebih banyak dibandingkan meisn 2 silinder.

Yang ke empat,harga motor dengan meisn 4 silinder pasti lebih mahal dibandingkan dengan motor bermesin 2 silinder.Sama seperti alasan nomor tiga diatas sob...meisn 4 silinder akan semakin banyak menggunakan komponen/ parts.Jadi pasti..biaya produksi akan menjadi lebih mahal dan diiringi dengan harga jual ke konsumen yang menjadi mahal juga.

Last..beberapa alasan diatas semakin menipiskan kemungkinan Kawasaki untuk memproduksi NInja 250Fi dengan mesin 4 silinder.Tapi..kemungkinan tetap ada sob..jika memang Kawasaki akan benar benar memproduksi Ninja 250Fi 4 Silinder.Tapi.. harga pasti hampir sama dengan moge 1000cc he he he wong konfigurasi mesinnya 4 silinder.Wokelah sob..semoga berguna dan wassalam.. (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Mungkinkah jika Kawasaki memproduksi Ninja 250 Fi dengan 4 silinder ?
    4/ 5
    Oleh