01 September 2016

MotoGP : Menggunakan mesin V4, teriakan mesin KTM RC16 bisa menembus angka 19.000 rpm ? . . wajar !




MotoGP : Menggunakan mesin V4, teriakan mesin KTM RC16 bisa menembus angka 19.000 rpm ? . . wajar !
Nah sob, kini beredar kabar yang cukup mengejutkan mengenai KTM RC16 MotoGP. Dengan menggunakan mesin berkonfigurasi V4 1000cc, KTM RC16 MotoGP di gosipkan mampu menghasilkan teriakan mesin di atas rata rata motor yang ada di MotoGP sob..weh weh weh..


Tim pabrikan Ducati dengan Desmosedici GP16 nya sejauh ini (musim 2015 ini) menjadi motor dengan teriakan mesin yang paling tinggi, yaitu 18.000 rpm. Disusul oleh Honda RC213V (17.750 rpm) dan Yamaha M1 (17.250 rpm).

Dan untuk dapat membuat mesin berteriak di RPM setinggi itu diperlukan material atau bahan denga kualitas kelas 1 untuk memastikan komponen komponen mesin khususnya komponen piston tidak ambrol saat digeber di rpm tinggi..

Tapi ya sob, kalau kita telaah lebih lanjut nih sob, ga heran juga sih kalau KTM bisa membuat motor dengan mesin seperti ini (kalau rumor ini benar). Karna kita sama sama tau, kalau KTM adalah pabrikan yang bisa dibilang paling akrab dengan suasana balapan sob. KTM hampir ada di semua kelas balap. Dan dari sini, KTM mungkin "learn something more" tentang bagaimana cara menciptakan mesin yang yahh bisa dibilang "sempurna"..

Dengan kata lain, track record pabrikan asal Austria ini di dunia balap gak main main. Dan tack record ini bisa sedikit banyak atau bahkan bisa membuat KTM selangkah di depan dalam menciptakan motor dengan mesin, rangka, suspensi, aeridinamis yang lebih baik..menurut SM sih gitu..he he he..

Last, tingginya angka RPM maksimum pada motor di balapan MotoGP memang tidak menjadi tolak ukur  motor ini akan kompetitif sob. Karna di dalam balapan MotoGP ada berbagai bentuk tikungan yang harus dilewati. Dan moment keluar masuk tikungan ini juga menjadi salah satu yang diperhitunggkan di MotoGP. Tapi.. kalau gosip mengenai mesin KTM RC16 yang bisa menjerit hingga 19.000 rpm ini benar.. bukan tidak mungkin nantinya KTM bakalan jadi raja di lintasan lurus.. mengalahkan Ducati Desmosedici GP16. (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    MotoGP : Menggunakan mesin V4, teriakan mesin KTM RC16 bisa menembus angka 19.000 rpm ? . . wajar !
    4/ 5
    Oleh