04 January 2017

Punya power mesin paling besar dikelasnya, apa rahasia Suzuki GSX-R150 ?





Punya power mesin paling besar dikelasnya, apa rahasia Suzuki GSX-R150 ?
Nah sob, setelah kemarin kita membahas tentang perbedaan antara mesin Suzuki GSX-R150 dengan Satria F150 Injeksi, kali ini kita akna membahas tentang rahasia dari power mesin Suzuki GSX-R150. Seperti yang kita tau sob, sejauh ini Suzuki GSX-R150 adalah motor sport fairing 150cc yang memiliki tenaga paling besar dikelas sport fairing 150cc Indonesia...

Ada beberapa komponen yang mendukung tenaga mesin Suzuki GSX-R150 menjadi lebih besar. Dan inilah ke 7 komponen yang membuat tenaga meisn Suzuki GSX-R150 menjadi lebih besar sob :

1. Kotak Udara Ekstra besar
Untuk ukuran motor yang dapat mencapai rpm tinggi (13.000rpm), maka SUZUKI GSX-R150 membutuhkan kotak udara berukuran besar agar disaat motor berakselerasi mendadak, ketersediaan udara tercukupi. Untuk ukuran kotak udara SUZUKI GSX-R150 sendiri mempunyai ukuran 4.300cm3 dan penempatannya sudah dirancang sedemikian rupa oleh desainer SUZUKI agar pasokan udara ke mesin lancar.

2. Ukuran Throttle Body lebih besar
Throttle body adalah pintu masuk dari udara yang tersedot kedalam ruang bakar. Disinilah udara ditakar dan diukur kesesuaiannya dengan bahan bakar yang akan disemprotkan nosel atau injektor ke intake manifold. Semakin besar ukuran throttle body, maka semakin besar pula udara yang bisa tersedot ke dalam ruang bakar akibat kevakuman, dampaknya adalah tenaga lebih besar. Untuk ukuran throttle body SUZUKI GSX-R150 mencapai 32mm, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan throttle body motor sekelas 150cc milik kompetitor.

3. Injektor / nosel dual spray berlubang banyak
Dengan injektor teknologi terbaru, SUZUKI menyempurnakan arah semprotan injektor menjadi 2 arah semprotan. Hal ini bertujuan agar semprotan bahan bakar lebih fokus langsung mengarah ke lubang intake manifold yang berjumlah 2 lubang masuk. Penyempurnaan injektor dilakukan oleh SUZUKI dari versi sebelumnya yang hanya mempunyai 2x2 lubang saja menjadi 2x5 lubang pada SUZUKI GSX-R150.

4. Radiator berukuran besar
Untuk meredam panas yang berlebihan, SUZUKI GSX-R150 dibekali dengan media pendingin radiator yang ukurannya jauh lebih besar dari motor kompetitor yang sekelas. Hal ini bertujuan agar temperatur mesin selalu terjaga dan tenaga optimal  tidak turun cuma gara - gara mesin overheat atau kepanasan.

5. Mesin The Real DOHC
SUZUKI GSX-R150 mengusung mesin dengan sistem DOHC murni yang sistem kerjanya noke-as menonjok langsung ujung klep sehingga kerugian mekanik yang ditimbulkan dari gesekan dan tumbukan menjadi minim. Dan keuntungan lainnya adalah SUZUKI lebih leluasa menentukan sudut klep dengan menggunakan payung klep yang lebih lebar 24mm untuk IN dan 21 untuk EX.

6. ECM/ECU baru

SUZUKI GSX-R150 telah menggunakan ECM generasi terbaru dari Mitsubishi yang berdampak pada meningkatnya power mesin pada SUZUKI GSX-R150 jika dibandingkan dengan mesin versi sebelumnya.
7. Silinder Tahan Gores (SCEM)
Pada SUZUKI GSX-R150 telah menggunakan Silinder tahan gores (SCEM) yang mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan silinder dengan bahan besi diantaranya, bobot silinder yang lebih ringan, lebih cepat melepas panas dan permukaan logamnya yang lebih licin jika dibandingkan dengan liner besi.

Last, kita masih belum tau apakah Suzuki GSX-R150 mampu menahan laju Honda CBR 150R dan Yamaha R15 V3 yang sudah kadung santer di kelas sport fairing 150cc Indonesia sob. Okelah smeoga berguna dan wassalam.. (www.sobatmotor.com)

Sumber : Laskar Suzuki



Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Punya power mesin paling besar dikelasnya, apa rahasia Suzuki GSX-R150 ?
    4/ 5
    Oleh