KTM memperkenalkan mesin 2 Tak dengan teknologi Injeksi yang lolos EURO 4 ! - Sobatmotor.com

19 Maret 2017

KTM memperkenalkan mesin 2 Tak dengan teknologi Injeksi yang lolos EURO 4 !


KTM memperkenalkan mesin 2 Tak dengan teknologi Injeksi yang lolos EURO 4 !
Nah sob, setelah bebebrapa waktu yang lalu KTM dan Husqvarna dengan berat hati harus mengumumkan untuk menghentikan produksi motor bermesin 2 Taknya karna tidak lagi bisa lolos EURO 4 di 2017. Secara mengejutkan kini KTM malah mengumumkan lahirnya sosok mesin 2 Tak yang lolos EURO 4 sob.. weh weh weh mantap.
KTM kini membenamkan teknologi Injeksi dimesin 2 Tak mereka untuk mengontrol suplay bahan bakar kedalam ruang bakar mesin 2 Taknya sob. Tapi teknologi yang diugnakan KTM ini bukan fuel Injection atau PGM-FI ya sob he he 😁, melainkan Transfer Port Injection atau TPI..
KTM memperkenalkan mesin 2 Tak dengan teknologi Injeksi yang lolos EURO 4 !
Mesin KTM dengan teknologi TPI
Teknologi TPI ini bekerja dengan cara komponen TPI diletakkan dibagian lubang tempat udara dan BBM disemprotkan keruang bakar. Disini komponen TPI dengan bantuan ECU bekerja untuk menyemprotkan BBM dan oli samping keruang bakar sob, jadi proses pencampuran BBM dan oli samping bisa dikendalikan dengan akurat oleh TPI..

Dan produk KTM yang bisa menikmati teknologi ini adalah motor Enduro 250 dan 300 EXC TPI yang rencananya akan diperkenalkan  pada tanggal 15 Mei 2018. Hmm.. BTW untuk harganya gimana ya sob? apakah akan meningkat menjadi 2 kali lipat ? hmm..mungkin saja. Tapi siapapun bakalan setuju kalau jambakan mesin 2 Tak ga ada tandingannya..

Last, teknologi TPI yang ditanamkan KTM pada mesin 2 Taknya ini hanya di desain untuk lolos EURO 4. Jadi untuk EURO 5 yang akan diberlakukan tahun 2020 nanti KTM harus kembali putar otak untuk menemukan teknologi lainnya yang sanggup membuat mesin 2 Tak lulus EURO 5. Tapi setidaknya mesin 2 Tak Injeksi ini bisa eksis sampai 3 Tahun kedepan sob. Okelah semoga berguna dan  wassalam.. (www.sobatmotor.com)