WSBK 2019 : Terus mendominasi, Ducati berpotensi merubah wajah WSBK ?

WSBK 2019 : Terus mendominasi, Ducati berpotensi merubah wajah WSBK ?
Nah sob, di WSBK musim 2019 ini tim pabrikan Ducati memberikan kejutan. Melalui kehadiran Ducati Panigale V4 R mulai musim 2019 ini, Ducati berhasil mendominasi semua balapan. Dengan total 11 race, Alvaro Bautista yang menunggangi Ducati Panigale V4 Rberhasil selalu finish di podium 1.

Tapi yang menjadi perhatian adalah, gap Bautista dengan pembalap di belakangnya (yang finish ke 2) di 11 belapan di atas 7 detik sob. Dan perihal ini, juara WSBK 4 musim berturut-turut (2015, 2016, 2017, 2018) Jonathan Rea pun angkat suara..

Jonathan Rea menghawatirkan gerak-gerik Bautista dengan Panigale V4 Rnya ini akan dapat membuat wajah WSBK berubah. Lho memangnya kenapa ?

Jadi begini sob, balapan WSBK ini adalah  balapan yang menggunakan sepeda motor pabrikan yang tersedia bebas di pasaran, lalu dimodifikasi. Berbeda dengan MotoGP, yang menggunakan sepeda motor yang dibuat khusus untuk balapan.

Menurut Jonathan Rea level motor V4 yang diracik oleh Ducati sudah tidak bisa lagi dikatakan sebagai motor produksi masal biasa sob. Klan Panigale V4 yang diracik oleh Ducati yang digunakan mulai musim 2019 ini adalah berdasarkan konsep MotoGP (yang secara jelas dilontarkan oleh pabrikan Ducati pada saat peluncuran Ducati panigale V4).

Jadi bahasa gampangnya, di saat tim pabrikan lain membawa motor produksi masal yang dijual di pasaran, Ducati malah membawa motor yang kelasnya mirip dan dibangun melalui DNA MotoGP. Dan kalau semua tim di WSBK mengikuti Ducati dengan membangun motor produksi masal dengan DNA MotoGP, maka wajah WSBK akan berubah menjadi balapan motor motor dengan kelas DNA MotoGP.

Berikut ini merupakan pendapat Jonathan Rea perihal performa Ducati Panigale V4R di WSBK musim 2019 ini sob :
"Motor V4 mereka memiliki level yang luar biasa. Strategi pemasaran mereka (Ducati) sendiri mengatakan ini adalah motor MotoGP. Ducati selalu mengatakannya ketika mereka mempresentasikan motornya (Panigale V4). Selamat untuk mereka tetapi kejuaraan ini adalah tentang menyimbangkan semua komponen khususnya membantu para tim privater agar lebih kompetitif. Aku kuatir tentang masa depan jika Honda, Yamaha dan Kawasaki akhirnya juga melakukan hal yang sama"
"Dengan dalih meracik motor produksi massal mengambil konsep murni dari MotoGP bike untuk WSBK. Motor produksi masal seharga € 40.000. Aku jelas tidak gembira karena tidak menang namun kamu harus menerimanya meskipun secara mental sulit melakukannya. Untungnya aku sudah menang dalam 4 tahun terakhir. Kendati dunia mengatakan membosankan namun harus diingat aku menang hanya dengan satu atau dua detik di depan. Banyak orang mungkin gembira karena mendapatkan pemenang yang berbeda. Tetapi ini bencana bagi kompetisi karena mereka ingin mengubah keadaan (dengan apapun caranya)"
"Sekali lagi aku tidak mengeluh namun aku hanya berbicara tentang kenyataan. Jika kamu berbicara dan ngobrol dengan pembalap lain pasti mereka akan mengatakan hal yang sama bahwa Ducati memiliki keuntungan sangat besar. Apapun itu kita harus tetap bekerja. Ada sirkuit yang menguntungkan buat kami. Walau tentu aku tidak akan mendominasi seperti masa lalu namun setidaknya bisa mendekati"
Dengan lawan yang kini bertambah kuat dan bahkan terlalu kuat sampai 11 kali mendominasi race, kini Kawasaki di isukan berencana untuk menghadirkan kembali Ninja ZXRR (motor yang pernah digunakan Kawasaki di MotoGP dulu) melaui jelmaan Ninja ZX10RR.
WSBK 2019 : Terus mendominasi, Ducati berpotensi merubah wajah WSBK ?
Kawasaki Ninja ZX RR MotoGP
Oh iya sob, dari segi harga Ducati Panigale V4R ini memang yang paling mahal di antara motor-motor yang digunakan pabrikan lainnya di WSBK musim 2019 ini. Berikut merupakan list harganya sob :
  1. Ducati Panigale V4R $39,995  
  2. Kawasaki Ninja ZX 10RR $24,899 
  3. Yamaha YZF-R1M $22,999 
  4. Honda CBR1000RR SP2 $19,999  
  5. New BMW S1000RR $17,150
Last, kita tunggu saja bagaimana langkah yang akan dilakukan Kawasaki selanjutnya. Apakah Kawasaki akan kembali mengahdirkan performa ZXRR ke dalam ZX10RR ?. Cukup menarik dan sangat menarik untuk di tunggu sob. Tapi kalau begini, WSBK ya bukan WSBK lagi dong.. (www.sobatmotor.com)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama