Ternyata Suzuki batal pakai teknologi Supercharger pada New Hayabusa 2021

Ternyata Suzuki batal pakai teknologi Supercharger pada New Hayabusa 2021

Nah sob, Suzuki mengklaim New Hayabusa 2021 kini sudah menggunakan lebih dari 500 suku cadang baru dan hanya sedikit komponen yang tersisa dari Hayabusa generasi lawas. Hanya ada 1 bagian saja yang di pastikan hampir sama dengan Hayabusa generasi sebelumnya, yaitu pada bagian frame. 

 

Suzuki tetap mempercayakan Frame New Hayabusa 202 pada model Twin spar aluminium sob, tapi kini Suzuki sudah membuat frame ini menjadi lebih ringan dengan merevisi bagian subframe sehingga membuat bobot frame lebih ringan 0,68kg Kg dibandingkan frame Hayabusa generasi sebelumnya.

Ternyata Suzuki batal pakai teknologi Supercharger pada New Hayabusa 2021

Dan untuk sektor dapur pacu, Suzuki menggunakan mesin baru dengan kubikasi 1.340cc tapi dengan ukuran bore, stroke dan kompresi yang sama. Suzuki juga merubah cukup banyak komponen pada mesin baru ini, hingga bisa membuat tenaga New Hayabusa 2021 ini tembus 190PS@9700RPM dengan torsi 150 nm@7000RPM.

 

Ada yang menarik dari sisi mesin New Hayabusa 2021 ini sob, karna ternyata Suzuki sempat ingin menggunakan teknologi Supercharger pada mesin New Hayabusa 2021. Tapi hal itu akhirnya di urungkan Suzuki.

Ternyata Suzuki batal pakai teknologi Supercharger pada New Hayabusa 2021

Mengenai hal ini, Naoki Mizoguchi  yang merupakan Engine designer Hayabusa angkat bicara sob. Melalui sebuah video presentasi, Naoki Mizoguchi pun membeberkan kenapa Hayabusa 2021 ini tidak menggunakan Supercharger.

" Selain performa, kami sangat konsen dengan kualitas, keawetan mesin, durabilitas. Kami sebenarnya sudah mencoba banyak konfigurasi mesin pada saat pengembangan New Hayabusa 2021. Mulai dari 4 Silinder Supercharger, 6 silinder bahkan menaikkan kubikasi dengan Supercharger juga kami lakukan. Tapi pada akhirnya kami kembali pada basis mesin kami yang sekarang, dari berbagai pengujian yang kami lakukan mesin ini adalah mesin yang paling balance. Artinya basis mesin yang kami kembangkan 20 tahun lalu ini sudah sangat baik "

 

" Kami akhirnya mereview seluruh komponen mulai dari connecting road dll. Termasuk elektronik adalah fokus utama kita. New Hayabusa 2021 harus memiliki power low, medium dan high RPM. Bagaimana membuat mesin lebih presisi dalam segala poin termasuk bukaan valve yang kini mendekati 1/1000 detik. Kami rasa ini adalah luar biasa. Material silinder head sama namun ruang pembakaran berbeda. Dan kini levelnya sudah naik. Ingat, Suzuki meracik mesin Hayabusa tidak hanya berkualitas saat baru. Namun ketika mesin sudah digunakan hingga ribuan kilometer….100,000 km, 200,000 km, 500,000 km….kami rasa Hayabusa bakal menjadi motor paling durable dan berkualitas karena satu baut pun kami hitung agar tetap awet hingga 500.000 Km "

 

Nah, jadi alasannya adalah durabilitas atau umur pakai komponen mesin itu sendiri sob. Sebagai pabrikan besar, bukan hal yang terlalu sulit untuk Suzuki membuat mesin dengan teknologi Supercharger. Tapi Suzuki mempertimbangkan beberapa aspek, diantaranya adalah ke awetan part mesin itu sendiri. Tapi kalau beneran Suzuki membuat New Hayabusa 2021 dengan mesin Supercharger, bakalan makin ngeri nih tenaganya.. (www.sobatmotor.com)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama