26 October 2015

Ini penyebab Suzuki Satria F150 Karburator keok saat melawan Honda Sonic 150R




Ini penyebab Suzuki Satria F150 Karburator "keok" saat melawan Honda Sonic 150R . .

Seperti yang kita ketahui bersama sob,semenjak dilaunchingnya Honda Sonic 150R yang berpotensi besar mengganggu kelangsungan "hidup" Suzuki Satria F150 Karbu,sering kita baca di berbagai media tentang komparasi kedua motor ber genre ayago tersebut sob.

Nah,dari semua komaparsi head to head yang dilakukan berbgaai kalangan,majalah,blogger dan lain2 tersebut,kita bisa melihat pastinya Suzuki Satria F150 Karbu kalah aka keok dengan Honda Sonic 150R sob.

Meskipun kekalahan tersebut tidaklah terlalu jauh,namun yang namanya konsumen tetap saja ingin yang terbaik kan sob? he he he.Maka dari itu sob,beberapa waktu yang lalu,admin dari laskar Suzuki pun menguji langsung Suzuki Satria F150 Karbu EURO 3 dan Honda Sonic 150R di lahan pengujian/sirkuit uji coba Suzuki R4 yang terletak di Cikarang Bekasi dengan panjang  trek lurus 1,3 Km.

Metode pengujian kali ini pun dibuat dengan model sistem silang (joki di tukar) sob,guna mendaparkan hasil yang fair antara kedua motor tesebut.Karna terk lurus yang tidak terlalu panjang,maka pengujian kebanyakan hanya sampai gigi 5 saja..

Dan sobat bisa tebak hasilnya,sama seperti komparasi yang lain yang telah dilakukan berbagai kalangan sebelumnya,Suzuki Satria F150 Karburator EURO 3 mengalami kekalahan dengan jarak rata - rata yang idak terlalu jauh sob,hanya 1 roda..

Dan dari komparasi head to head dengan Honda Sonic 150R tersebut maka muncul kesimpulan Suzuki Satria F150 Karburator EURO 3 bukan kalah kencang dengan Honda Sonic 150R,tetapi kalah responsif saja sob.Kalah responsif? ya..kalah responsif saja.. apa penyebabnya?

Ini disebabkan oleh sistem pengabutan bahan bakar yang digunakan oleh Suzuki Satria F150 Karburator EURO 3 masih memakai karburator jenis vakum atau sebutan lainnya Constant Velocity.Sehingga untuk mencapai tenaga puncak tidak bisa secepat Honda Sonic 150R yang sudah menggunakan sistem pengabutan baha bakar jenis Injeksi.

Selain itu,penyebab lain dari "keok"nya Suzuki Satria F150 Karburator EURO 3 saat melawan Honda Sonic 150R ini ialah karna terdapat 3 sekat di knalpot (untuk lolos EURO 3) sob,jadi tenaga yang dikeluarkan mesin sedikit tertahan saat melewati 3 sekat di dalam knalpot tersebut.

Diluar performa mesin yang terbilang "memble" aka kurang responsif saat melawan Honda Sonic 150R,konsumsi BBM Suzuki Satria F150 Karbu juga lebih boros sob,ya ialah..hampir tidak ada celah yang bisa dimenangkan teknologi pengabutan bahan bakar karburator jika melawan teknologi pengabutan bahan bakar injeksi sob.Tapi kalau kita telaah lebih dalam lagi ya masing-masing teknologi tersebut dak kekuarangan dan kelebihannya sob,hanya saja dewasa ini,di saat semuanya menjadi lebih canggih dan menuntut efektifitas,

Last,kelas ayago yang awalnya adem ayem kini memang menjadi panas sob,semenjak hadirnya Honda Sonic 150R,he he he.Kita tunggu saja jagoan baru dari Suzuki Indonesia ini sob,sebentar lagi kok,sabaaaar.Hm.. Suzuki Satria F150 Injeksi? mungkin bisa tembus 18 Hp sob! (www.sobatmotor.com)



Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    Ini penyebab Suzuki Satria F150 Karburator keok saat melawan Honda Sonic 150R
    4/ 5
    Oleh