01 December 2015

MotoGP : Ini dia perbedaan karakter antara ban Michelin dengan ban Bridgestone . .




MotoGP : Ini dia perbedaan karakter antara ban Michelin dengan ban Bridgestone . .
Nah sob,masa peralihan ban dari Bridgestone ke Michelins memang menimbulkan masalah baru bagi pembalap MotoGP sob.Michelin yang datang kembali untuk menggantikan Bridgestone yang bisa dibilang sudah menyatu dengan pembalap serta motornya.

Lah..lantas..kenapa penggantian pemasok ban ini bisa jadi masalah yang krusial?..Jelas sob,sebagai satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal dan dalam waktu yang bersamaan digeber dengan kecepatan tinggi membuat karakteristik ban menjadi sangat berpengaruh sob.Nah,langsung saja nih sob,kita bahas mengenai perbedaan karakter pada kedua pabrikan ban tersebut (Michelin dan Bridgestone) di MotoGP..

Michelin
Dalam hal pengembangan,bisa dibilang Michelin maish membawa aura MotoGP 2 Tak sob.Dimana pada masa ini,power motor terbilang snagat ganas,yap ganas sob..khas mesin 2 Tak.Dan berangkat darisini,Michelin mulai mengembangkan ban untuk MotoGP dengan spesifikasi ban belakang yang jauh lebih menggigit dibanding ban Bridgestone sob.

Dan untuk ban depannya,Michelin sudah meramu sedemikian rupa dan bisa dibilang lebih fokus ke penggunaannya saat pengereman saja.Memang akan terdengar sedikit kurang pas sob,karna faktanya ban depan Michelin ini terbilang cukup lemah saat harus menikung rebah dengan kondisi gas terbuka lebar..Kenapa? karna ban depan Michelin pada bagian side wall yang kurang menggigit sob..Jadi bisa ditebak,kalau menggunakan ban depan Michelin dan keluar masuk tikungan dalam kondisi full thotle,besar kemungkinan akan "ndlosor" sob.Jadi,dari sini bisa kita tarik kesimpulan sederhana mengenai ban Michelin sebagai berikut sob:
Ban Depan (Kurang Grip)
Ban Belakang (Oke)
Bridgestone
Untuk Bridgestone,sepertinya akan terlihat sebagai kebalikan dari ban Michelin sob.Kenapa? karna jika ban Michelin merancang ban belakang dengan grip mumpuni,maka pada ban belakang Bridgestone,cengkraman ban ke aspal yang dihasilkan tidaklah sebaik ban belakang Michelin sob..

Dan untuk ban depannya,Bridgestone sangat bisa di andalkan sob,karna ban depan Bridgestone sudah di desain sedemikian rupa sehingga dapat melibas tikungan di kecepatan tinggi sekalipun.Apa sebapnya? sebapnya ialah karna ban depan Bridgestone memiliki grip yang kuat/baik pad abagian side wallnya sob..Jadi its okay kalau ban depan ini di ajak ngebut di tikungan.Jadi,untuk ban Bridgestone,kita bisa tarik kesimpulan sederhana sebagai berikut nih sob :
Ban depan (Oke)
Ban belakang (Kurang Grip)
Nah..sudah terlihat kan sob? perbedaan karakteristik antara ban Michelin dan ban Bridgestone yang digunakan di MotoGP?..Jadi,mau tidak mau,karna masa perlaihan ban ini sob,pembalap harus yah sedikit banyak merubah gaya balapnya guna menyesuaikan diri dengan ban baru mereka (Michelins).Soo..kayanya memang masih banyak nih PR para pembalap MotoGP,he he he.Okelah sob,semoga berguna dan wassalam ! (www.sobatmotor.com)
Penasaran berapa penghasilan Valentino Rossi di MotoGP musim 2014 yang lalu ? nih baca sob . . awas ngiler . . he he he



Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    MotoGP : Ini dia perbedaan karakter antara ban Michelin dengan ban Bridgestone . .
    4/ 5
    Oleh