06 May 2016

WSBK : Inilah penyebab kenapa Kawasaki Ninja H2 dan H2R tidak ikut balapan dikelas WSBK . .





WSBK : Inilah penyebab kenapa Kawasaki Ninja H2 dan H2R tidak ikut balapan dikelas WSBK . .
Nah sob,mungkin masih banyak yang bertanya -tanya nih,kenapa di balapan sekelas WSBK yang menggunakan motor produksi masal pabrikan sebagai motor untuk turun balapan.Tidak terlihat ada Kawasaki Ninja H2/H2R ikut di ajang balapan WSBK.Padahal kedua motor buatan Kawasaki ini berstatus sebagai motor produksi masal alias standar pabrikan sob.Kira-kira kenapa ya sob? apa alasannya Kawasaki Ninja H2 tidak ikut di WSBK?

Nah..karna Kawasaki Ninja H2 dan H2R termasuk kedalam motor standar pabrikan/produksi masal yang menggunakan teknologi "Forced Induction",maka kedua motor yang memang memiliki tenaga buas ini tidak bisa ikut balapan dikelas WSBK karna akan melanggar peraturan sob..

Yap..WSBK tidak memperbolehkan motor yang menggunakan teknologi Forced Induction ikut dalam balapan.Meskipun..motor tersebut adalah motor standar bawaan pabrikan.Dan karna Kawasaki Ninja H2 dan H2R adalah motor yang menggunakan teknologi supercharger,maka otomatis Ninja H2 dan H2R termasuk kedalam kategori motor yang menggunakan teknologi "Forced Induction"..

Apasih Forced Induction itu?
Seperti yang Sobatmotor lansir dari Wikipedia..Forced Induction adalah proses mendistribusikan udara terkompresi ke dalam ruang pembakaran mesin.Mesin yang menggunakan teknologi forced induction ini menggunakan kompresor udara untuk meningkatkan tekanan,temperatur dan kepadatan dari udara yang masuk kedalam ruang pembakaran mesin.

Ketika udara yang sangat padat tersebut dicampurkan dengan bahan bakar dan dibakar,maka akan menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar daripada mesin tanpa teknologi forced induction.Dan mesin tanpa teknologi Forced induction ini biasa disebut dengan mesin Naturally Aspirated.

Beberapa macam kompresor yang digunakan pada mesin forced induction yang populer adalah Turbo dan Supercharger.

Prinsip cara kerja keduanya hampir mirip sob,perbedaannya pada turbocharger memanfaatkan aliran dari gas buang yang dihasilkan aktifitas pemabakarn mesin untuk memutar kipas turbin yang ada di dalam turbocharger.Sedangkan Supercharger memanfaatkan putaran mesin untuk memutar kipas turbinnya.

Jadi..sudah jelas kan sob..kenapa Kawasaki Ninja H2 dan H2R tidak ikut dalam balapan WSBK meskipun menyandang status sebagai motor produksi masal.Dan peraturan ini juga berlaku untuk MotoGP lho sob..Semoga berguna dan wassalam.. (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    WSBK : Inilah penyebab kenapa Kawasaki Ninja H2 dan H2R tidak ikut balapan dikelas WSBK . .
    4/ 5
    Oleh