Umur karet damper KW untuk tromol belakang akan cenderung sangat lebih pendek ? - Sobatmotor.com

25 Februari 2017

Umur karet damper KW untuk tromol belakang akan cenderung sangat lebih pendek ?


Umur karet damper KW untuk tromol belakang gak akan bertahan lama ?
Nah sob, kemarin SM baru saja mengganti karet damper untuk tromol belakang si Jupe. Karet damperyang berfungsi sebagai bantalan penggerak antara gear belakang dengan tromol / pelak belakang ini sudah minta diganti sob..

Dan kalau karet damper ini sudah minta ganti, maka ciri cirinya gear belakang akan bergerak lebih cepat / bergerak deluan dari tromol / velgnya. Ini menandakan karet damper sudah renggang dan ciut, jadi harus diganti..demi kenyamanan berakselerasi 😁.

Dan beberapa waktu yang lalu SM sempat mengganti karet damper ini sob, karna karet damper buatan Yamaha asli lagi habis, maka Sm mampir ketoko sparepart terdekat. Dan membeli karet damper dengan merk Ic”idai kalau gak salah ya..Sm juga lupa lupa ingat. Harga karet damper ini hanya 15 ribu saja sob, hanya lebih murah sedikit saja dari harga karet damper Yamaha ori yang dijual 22 ribu rupiah..

Dan selang beberapa bulan kemudian, SM  merasakan disaat SM membuka gas secara spontan (waktu mau mendahului) ada bunyi “clek” dan terciptanya renggang waktu antara putaran gas SM dan akselerasi..

Awalnya SM mengira ini rantainya yang kendor, setelah rantai si Jupe dikencengin, gejala diatas masih timbul sob. Dan iseng, SM memutar roda belakang dan secara bersamaan menahan gear belakang agar tak bergerak. Dan hasilnya.. roda belakangnya berputar deluan daripada gear belakangnya 😅..wehh.
Umur karet damper KW untuk tromol belakang gak akan bertahan lama ?
Ini berarti.. karet damper yang SM baru ganti belum lama ini sudah keok dan menyerah. Oke.. SM kira awalnya karet ini menciut seperti karet damper ori Jupe dulu yang. Tapi setelah SM buka tromol dan gear belakang.. barulah SM tau kalau karet damper tersebut bukan hanya menciut tapi juga hancur sob.. weleh weleh weleh..perasaan si Jupe gapernah SM ajak jemping jemping.. 😂

Last, kini karet damper gear bekalang si Jupe sudah SM ganti dengan yang ori Yamaha sob. Dan kini si Jupe sudah gak ngeelaag lagi ketika dipuntir gasnya. Okelah sob, dari sini SM bias mengambil pelajaran untuk sebisa mungkin menggunakan spareparts bawaan pabrikan 😆. Ingat sob, ada harga ada rupa he he he. Semoga berguna dan wasslam.. (www.sobatmotor.com)
Umur karet damper KW untuk tromol belakang gak akan bertahan lama ?
Karet tromol / karet damper KW yang rusak
Umur karet damper KW untuk tromol belakang gak akan bertahan lama ?
Karet tromol / karet damper Original asli Yamaha yang baru diganti
Umur karet damper KW untuk tromol belakang gak akan bertahan lama ?