04 June 2016

MotoGP : Ternyata . . ini penyebab meledaknya mesin Yamaha M1 milik Valentino Rossi di race Mugello kemarin





MotoGP : Ternyata . . ini penyebab meledaknya mesin Yamaha M1 milik Valentino Rossi di race Mugello kemarin
Nah sob..seperti yang kita ketahui..di race Mugello kemarin Rossi yang berlaga dirumah sendiri tidak bisa finish dikarnakan mesin motor Yamaha M1 yang digunakannya meledak saat race berlangsung.Dan kini setelah beberapa minggu..akhirnya Yamaha resmi mengeluarkan pernyataan tentang penyebab meledaknya mesin Yamaha M1 Rossi kemarin sob..

Yamaha sendiri memang telah memastikan..mesin yang digunakan oleh Rossi pada waktu race Mugello adalah fresh alias masih baru sob.Dan setelah mesin dibawa ke Jepang dan diselidiki disana..hasilnya..

Para insinyur Yamaha menemukan fakta..kalau penyebab dari meledaknya mesin Rossi saat race di Mugello kemarin ialah karna kegagalan sistem elektronik sob.

Yap..mulai musim 2016 ini, sistem elektronik di MotoGP sudah disuplai oleh Magneti Marelli.Dan karena sistem elektronik yang digunakan saat ini memiliki kemampuan 3 step dibelakang elektronik asli Yamaha yang digunakan musim 2015 lalu..maka..bisa dikatakan..

Sistem elektronik yang saat ini digunakan membuat mesin Yamaha M1 Rossi membentur batas atas limiter sob.

Kemungkinan lain..meledaknya mesin Yamaha M1 Rossi ditengah tengah race Mugello kemarin disebabkan oleh terangkatnya ban belakang pada saat top speed (350 Km/Jam).Dan ini membuat ban belakang otomatis/dengan waktu yang singkat tiba-tiba berputar lebih kencang/tidak wajar..


Dan karna RPM yang tiba-tiba naik dengan cepat dan disaat yang bersamaan sistem elektronik "lambat" merespon..akhirnya mesin yang digunakan oleh Yamaha M1 Rossi menabrak batas limiter atas dan mengalami over rev sob..kata lainnya sih mesinnya jebol..

Yamaha MotoGP project leader, Kouji Tsuya mengatakan secara settingan limiter motor menggunakan data yang sama dengan versi 2015. 

Pihak Yamaha juga tidak menyangka kalau sistem elektronik yang digunakan dimusim 2016 ini akan "bereaksi" jauh lebih lambat dibandingkan sistem elektronik yang digunakan Yamaha pada musim 2015 yang lalu.

Yaa begitulah.. Yamaha akhirnya sudah menemukan penyebab meledaknya mesin Yamaha M1 milik Rossi pada saat race Mugello kemarin.Dan untuk mencegah hal ini terjadi lagi..maka jalan satu satunya adalah dengan mengurangi RPM mesin diputaran atas sob.

Last.. dengan dikuranginya RPM atas pada mesin Yamaha M1 nantinya..apakah top speed Yamaha M1 juga bakal berkurang?..mari kita tunggu di race selanjutnya sob.BTW masalah ini juga terjadi di mesin Yamaha M1 milik Lorenzo..hanya saja masalah sudha terdeteksi pada saat warm up.Semoga berguna dan wassalam.. (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    MotoGP : Ternyata . . ini penyebab meledaknya mesin Yamaha M1 milik Valentino Rossi di race Mugello kemarin
    4/ 5
    Oleh