Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning cepat putus , efek AHO kah ? - Sobatmotor.com

20 Februari 2015

Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning cepat putus , efek AHO kah ?


Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning cepat putus , efek AHO kah ?
Belum lagi setahun si Pikson alias New Yamaha Vixion Lightning ane pelihara brosis.Kondisi ane rawat selalu dah poko e,tapi kenapa lampu belakang alias lampu rem udah putus alias mati ga hidup lagi ? he he kalau waktu pengereman sih lampu masih bisa hidup/menyala.Tapi pada saat tidak melakukan pengereman lampu menjadi mati,biasanya sih tetep hidup tapi dengan tingkat kecerahan yang berbeda..
Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning cepat putus , efek AHO kah ?
Ane menduga penyebab cepatnya lampu rem alias lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning putus aka tidak menyala ialah karena fitur AHO pada New Vixion Lightning ini brosis.Lah kenapa ?, karena lampu rem belakang akan menyala jika lampu depan alias headlamp menyala.Jadi gini brosis,AHO adalah singkatan dari Automatic Headlight On adalah salah satu fitur terkini dari pabrikan guna meningkatkan keselamatan di jalan raya (ada UUnya lho...)
  • Headlight = Headlamp , he he ane lebih nyaman menggunakan kata headlamp brosis,tapi artinya sama saja.
  • AHO atau Automatic Headlight/Headlamp On artinya sama dengan DRL atau Dayltime Running Light. 
Undang - undang AHO alias Automatic Headlight/Headlamp On tercantum pada Pasal 107 ayat 2,Undang-Undang Lalu Lintas no.22 tahun 2009 yang berbunyi :
" Ayat 2 : Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. "
" Ayat 1 : Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu. "
Nah,jadi jelas kan brosis kenapa pak Polisi sering razia lampu depan pada siang hari,wong ada Undang - Undangnya,balik lagi ke topik pembicaraan . .
Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning cepat putus , efek AHO kah ?
Dan cara kerja AHO sebenarnya sangatlah sederhana brosis,pada sepeda motor yang NON AHO masih terdapat saklar untuk mematikan dan menghidupkan headlamp.Jadi ketika mesin di hidupkan,kita dapat memilih apakah ingin menghidupkan headlamp (jika headlamp hidup otomatis lampu belakang alias lampu rem juga menyala) atau tidak (jika headlamp tidak hidup maka lampu belakang atau lampu rem juga tidak menyala).
Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning
Nah,pada fitur AHO atau Automatic Headlamp On,headlamp (lampu depan) akan selalu dalam kondisi menyala (tidak terdapat saklar untuk mematikan headlamp,jadi ketika mesin motor di hidupkan maka otomatis headlamp juga menyala di barengi dengan lampu belakang aka lampu rem yang juga menyala).
Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning cepat putus , efek AHO kah ?
Nah,karna headlamp dalam kondisi menyala terus,makanya umur kedua lampu (headlamp dan lampu belakang/lampu rem) juga bakalan lebih pendek brosis.Tapi ini cuman opini pribadi ane aja yak,. lha wajar kan kalau itu lampu cepat keok alias koid.Lha wong nyala terus,siang malem.. (waktu mesin hidup)
Lampu belakang New Yamaha Vixion Lightning cepat putus , efek AHO kah ?
Last,secepatnya ane bakalan ane buka untuk cek kondisi itu lampu belakang NVL aka Pikson.Bautnya keras banget dah,susah bukanya.Tapi ane kaga tau pasti apa yang sebenarnya terjadi,tapi mudah-mudahan bukan masalah konsleting brosis,tapi memang lampunya yang udah uzur (cepat amat yak,perasaan masih setahun,beneran karena efek AHO kah?).. semoga berguna dan wassalam !