Ini beberapa alasan kenapa MotoGP mahal sampai tak semua pebrikan mau ikutan

Ini beberapa alasan kenapa MotoGP mahal sampai tak semua pebrikan mau ikutan
Nah sob, kita semua mungkin tau bener kalau balapan MotoGP itu butuh biaya yang tidak sedikit. Dan bahkan tim sekelas Kawasaki pun masih ogah untuk kembali balapan di MotoGP karna dinilai terlalu mahal..

Dan berikut ini adalah beberapa alasan aka penyebab mahalnya balapan MotoGP hingga tak semua pabrikan mau ikutan. Penasaran ? ini dia alasannya sob..
1. Motor Prototipe
Salah satu hal yang membuat MotoGP berbeda dengan balapan motor lainnya adalah, motor MotoGP menggunakan mesin prototipe yang dibuat menggunakan teknologi paling mutakhir di dunia industri motor sob.

Jika ajang balapan motor lainnya menggunakan motor yang diproduksi massal (misalnya WSBK), hanya saja sudah dimodifikasi untuk kepentingan balap. Lain halnya dengan MotoGP, karna mesin yang diproduksi dibuat satu persatu dengan perhitungan durabilitas dan lain lain lalu dikerjakan dengan sangat matang dan hati-hati, pastinya biaya produksi mesin ini akan membengkak.

2. Part Yang Langka
Part-part motor yang digunakan di MotoGP termasuk part yang langka dan hanya digunakan untuk motor prototipe ini. Produsen part motor MotoGP secara khusus memproduksi part tertentu hanya untuk motor MotoGP tersebut, berbeda halnya jika untuk motor sport biasa yang memang diproduksi banyak. Karena semakin langka, tentu saja biaya produksinya semakin mahal.

3. Material yang mahal
Untuk menjaga motor prototipe MotoGP tetap kuat, eksotis, dan mewah seperti itu, material berbahan terbaik pasti diperlukan untuk membangun sebuah motor MotoGP. Misalnya material titanium, magnesium, dan serat karbon yang dipasang di fairing, sasis, dan komponen lainnya.

Jika fairing motor MotoGP menggunakan serat karbon, berbeda dengan motor sport biasa yang menggunakan plastik ABS sebagai bahannya. Begitu juga dengan rangka, jika motor biasa paling menggunakan baja yang umum digunakan, berbeda halnya dengan MotoGP.

4. Teknologi
Di motor MotoGP, banyak terpasang berbagai perangkat elektronik untuk kepentingan balapan. Berbagai sensor dan alat terpasang pada motor MotoGP yang tidak ada di motor pada umumnya.

5. Perangkat sekali pakai yang mahal
Ada beberapa perangkat yang cepat habis pakai di motor MotoGP, misalnya saja ban. Jika ban pada umumnya dibuat untuk digunakan seawet mungkin, di MotoGP ban dibuat khusus agar bisa selengket dan sebagus mungkin untuk balapan dan hanya ditargetkan buat dipakai tidak sampai satu jam saja.

Last, itu dia sob beberaoa alasan kenapa balapan MotoGP bisa jadi balapan motor yang mahal banget. Karna ya itu tadi tadi sob, banyak menggunakan komponen aka parts yang dibuat khusus dan terbatas. Plus dengan menggunakan bahan baku dengan mutu dan standar yang gak main-main. Tapi BTW mudah-mudahan Kawasaki mau balik lagi yak ke MotoGP..hehe. (www.sobatmotor.com)

Lebih baru Lebih lama