Ini perbedaan oli JASO MA dan JASO MB, awas jangan sampai salah sob !

Ini perbedaan oli JASO MA dan JASO MB, awas jangan sampai salah sob !

Nah sob, di kemasan oli yang biasa kita gunakan sering kita lihat nih di bagian label kemasannya ada tulisan JASO, entah itu JASO MA atau JASO MB. Dan ternyata, kode JASO MA dan MB itu adalah kode untuk membedakan tingkat ke licinan pelumas atau oli itu sendiri, bahasa gampangnya si gitu ya sob hehe.

 

Jadi oli yang berlabel JASO untuk motor 4 tak itu terbagi 2, yaitu JASO MA dan JASO MB. Dimana JASO MA ini adalah pelumas yang sifatnya tidak terlalu licin. Dan JASO MB ini adalah pelumas yang sifatnya lebih licin dari MA. Alias, JASO MB ini sifatnya lebih licin dari JASO MA.


Nah, kenapa di bagi kedalam 2 kode tersebut ? (MA dan MB). Ini dikarenakan peruntukannya berbeda sob, dimana oli dengan kode JASO MA dibuat khusus untuk motor manual. Sedangkan JASO MB dibuat untuk motor matic.


Karna pada motor matic, kegunaan oli mesin lebih dikhususkan kepada kinerja dari mesin itu sendiri, jadi olinya hanya bersirkulasi di bagian mesin saja. Lagian, kinerja mesin motor matic juga lebih sering ke RPM tinggi sob dibandingkan mesin motor manual.


Yang menarik adalah, ternyata motor matic bisa menggunakan oli motor manual. Tapi motor manual gak bisa menggunakan oli motor matic, karna oli motor matic yang sifatnya terlalu licin nantinya malah bisa membuat motor manual selip kopling..

 

Mencoba oli TOP 1 CLASSIC 20W-50 JASO MA2 di Yamaha Jupiter Z 115 2010 . . gimana rasanya ya ?

Tapi, SM sendiri ga menyarankan sobat sekalian ganti-ganti oli seperti di atas ya. Motor matic pakai oli dengan kode JASO MB dan motor manual pakai oli dengan kode JASO MA. Mending ikutin anjuran pabrikan saja deh, biar lebih aman, umur mesin juga lebih panjaang.. (www.sobatmotor.com)

Ini perbedaan oli JASO MA dan JASO MB, awas jangan sampai salah sob !

Lebih baru Lebih lama