14 December 2016

MotoGP : Penggunaan winglet mulai dilarang dimusim 2017 mendatang, bagaimana dengan nasib Ducati ?




MotoGP : Penggunaan winglet mulai dilarang dimusim 2017 mendatang, bagaimana dengan nasib Ducati ?
Wah, dampak tugas kuliah blog jadi lama ga di update nih 😀 he he. Nah sob, dengan dilarangnya penggunaan winglet aka sayap kecil di MotoGP mulai musim 2017 mendatang sedikit banyak memberikan dampak bagi tim yang berlaga di MotoGP dalam hal ini khususnya Ducati.

Seperti yang kita tau sob, pabrikan Ducati memang sangat akrab dan dekat dengan penggunaan winglet pada motor balap yang mereka gunakan di MotoGP. Dan penggunaan winglet inipun memang berdampak positif bagi prestasi Ducati yang perlahan mulai bersinar lagi dimsuim 2016 yang lalu.

Dengan dilarangnya penggunaan winglet dimsuim 2017 mendatang, pembalap baru Ducati, Jorge Lorenzo merasakan kalau peraturan baru ini akan melemahkan Ducati. Karna pelarangan penggunaan winglet ini diberlakukan setelah tim lain berbeda pendapat dengan Ducati yang notabene sangat berteman akrab dengan winglet sob. 

Tim lain yang berlaga di MotoGP menganggap penggunaan winglet pada motor tidak mendukung keselamatan dan berpotensi menambah biaya pengembangan yang muahal menjadi lebih muahal lagi 😱

Tapi.. tim parbikan Ducati tetap tidak setuju akan hal ini, karna pada musim 2016 lalu winglet menjadi kunci yang membantu pebalap untuk mengontrol tenaga besar Desmosedici yang notabene lebih sulit dikontrol (sejauh ini hanya Casey Stoner yang mampu menjinakkan Desmosedici dengan baik 😁 ).
"Jika winglet adalah kekhawatiran organisasi (DORNA) dalam hal keamanan, mereka sudah pasti melarangnya setelah balapan kedua kami saat menggunakan winglet" ucap Lorenzo
Lorenzo berpendapat pengaruh dari tim pabrikan berperan besar dalam pengambilan keputusan pelarangan winglet ini sob. Dan bos tim Ducati, Paolo Ciabatti, mendukung pernyataan Lorenzo ini.. wihh panas sob.. 😨.

Dan peraturan ini memang sangat disayangkan oleh tim pabrikan Ducati, karna musim 2016 lalu Ducati fokus pada pengembangan winglet ketimbang sektor lainnya. Dan ini berarti pengembangan winglet yang dilakukan oleh tim pabrikan Ducati dimsuim 2016 lalu menjadi sia sia 😧
"Telah terjadi banyak kecelakaan tahun ini dan tidak ada satupun pebalap yang tergores karena winglet. Dan Ini jelas menunjukan bahwa kami mendapatkan keuntungan kompetitif karena kami memasangnya sebelum orang lain, dan mereka melarangnya buat menyingkirkan keuntungan itu," ungkap bos Ducati
Last, kini tim pabrikan Ducati mengklaim sudah menemukan cara baru untuk membuat ban depan Desmosedici tidak terangkat saat berakselerasi tanpa menggunakan komponen winglet. Dan cara baru ini membuat tim pabrikan Ducati yakin bisa kompetitif dimusim 2017 mendatang meskipun tanpa winglet. Okelah sob, semoga berguna.. (www.sobatmotor.com)




Hubungi Sobatmotor.com melalui :

  • Email : Sobatmotor.com@gmail.com
  • Faceboook : Sobatmotorblog
  • Instagram : Sobatmotorblog
  • Youtube : Sobatmotorblog
  • Twitter : Sobatmotorblog

  • Berita yang terkait

    MotoGP : Penggunaan winglet mulai dilarang dimusim 2017 mendatang, bagaimana dengan nasib Ducati ?
    4/ 5
    Oleh