MotoGP 2017 : Mirip Formula 1, Dorna uji coba cara baru penggantian motor flag to flag - Sobatmotor.com

26 Agustus 2017

MotoGP 2017 : Mirip Formula 1, Dorna uji coba cara baru penggantian motor flag to flag


MotoGP 2017 : Mirip Formula 1, Dorna uji coba cara penggantian motor flag to flag
Nah sob, ada yang berbeda di sesi latihan bebas MotoGP seri Silverstone Ingris kemarin. Pasalnya Dorna selaku penyelenggara MotoGP menguji cobakan cara penggantian motor atau swap bike di kondisi race flag to flag..

Race dalam kondisi cuaca tak menentu (habis hujan, mau hujan) memang membuat tim dan rider pusing untuk menentukan jenis ban dan setingan motor yang tepat. Makanya di MotoGP juga ada pergantian motor aka swap bike di balapan flag to flag.

Kalau sebelumnya pembalap datang ke pit dan melakukan pertukaran motor dengan cara berhenti sejajar dengan motor pengganti yang juga dikondisikan sejajar dengan track, maka kali ini Dorna menguji cobakan sistem penggantian motor seperti berikut ini sob..
MotoGP 2017 : Mirip Formula 1, Dorna uji coba cara penggantian motor flag to flag
Hal ini untuk mencegah terjadinya insiden tabrakan antara Iannone dan Aleix Espargaro ketika melakukan pertukaran motor di race flag to flag beberapa waktu yang lalu.
"Proses penggantian motor baru ini juga akan dilengkapi tanda-tanda pada pitlane yang menunjukkan titik di mana pembalap bisa masuk dan posisi motor pengganti yang baru untuk semua tim. Ini juga akan mencakup seorang mekanik dengan "permen lolipop" yang tugas utamanya adalah untuk mengamati lalu lintas pitlane saat mengganti motor dan memastikan pembalapnya dilepaskan dengan aman.."
 Last, diharapkan dengan cara penggantian motor yang seperti ini balapan flag to flag bisa lebih aman bagi pembalap dan tim yang ada di daerah pit. Okelah sob, Marquez ga bisa loncat lagi nih waktu pindah motor, karna posisi motor penggantinya tidak lagi sejajar seperti yang dulu..he he 😁 (www.sobatmotor.com)
MotoGP 2017 : Mirip Formula 1, Dorna uji coba cara penggantian motor flag to flag
Lolipop man di Formula 1