Mencoba Ban FDR Raven di Yamaha Jupiter Z 115 untuk harian

Mencoba Ban FDR Raven di Yamaha Jupiter Z 115 untuk harian
Nah sob, akhirnya setelah kurang lebih 5 tahun SM menggunakan ban depan belakang yang ga singkron alias ga sama merk dan tipe nya, kini SM memutuskan untuk menggunakan ban luar buatan FDR sob.

Sebelumnya, terakhir SM menggunakan ban depan dengan merk Swallow dengan motif garis lurus ukuran 70/90. Dan untuk ban belakangnya SM menggunakan Swallow dengan motif kotak tahu ukuran 80/90. Karena kedua ban ini punya kontur yang agak tinggi langsing, jadi motor berasa agak lebih tinggi dan menurut SM tampilan motor jadi lebih keren sih, ala ala cacing gitu.. tapi ga cacing caing amat, masih normal kok sob hehe.

Tapi setelah beberapa tahun menggunakan ban belakang dengan motif kotak tahu, ada beberapa masalah yang muncul sob. Yaitu ban terlalu cepat tipis dikarenakan motif kotak tahu ini sebenernya memang di lahirkan untuk jalanan tanah, bukan aspal..

Dan ketika ban mulai tipis, pasti deh SM rajin mampir ke tukang tambal ban untuk kopdar dengan si abang tukang tambal ban. Mungkin awalnya masih belum ada perasaan jengkel ya sob, sering kopdar di tukang tambal ban karena ban belakang yang bocor kena paku atau kawat.

Tapi lama kelamaan, SM baru ngeh dan sadar kalau ban belakang SM ini memang begini penyakitnya kalau mulai tipis. FYI nih ya sob, ban dengan motif kotak tahu ini akan lebih cepat habis di bandingkan ban dengan motif lain. Bahkan kalau jalannya jauh, dalam 1 tahun bisa sampai 2 kali ganti ban luar.. luar biasa..

Keputusan SM melengserkan si ban kotak tahu ini datang ketika SM mampir ke bengkel langganan untuk mengganti ban belakang kotak tahu SM yang mulai botak ini. Setelah SM perhatikan jajaran ban luar yang tersedia, SM tertarik pada salah satu motif ban dari FDR ini sob. Motifnya kayaknya OEM banget aka bawaan pabrikan banget yak. Motif bunga ban nya cukup banyak dan memang diperuntukan untuk penggunaan jalanan aspal harian.

Jadi SM langsung tunjuk tuh ban FDR yang SM maksud diatas, dan ternyata namanya adalah FDR Raven sob. Dan akhirnya ban bekalang si Jupe pun SM ganti dari Swallow kotak tahu ke FDR Raven. Dengan harapan ban ini gak "serempong" ban motif kotak tahu yang SM gunakan selama ini.

Yang bikin SM makin seneng adalah, FDR Raven ini punya kontur ban yang agak melebar, cukup melebar sih sebenernya sob. Karna tapak ban lebar, jadi SM yakin akan semakin kecil kemungkinan selipnya..dibandingkan ban kotak tahu yang SM gunakan selama ini.

Selang 1 bulan kemudian atau kemarin, SM putuskan untuk melengserkan ban depan Swallow motif garis lurus yang SM gunakanakan selama ini dengan FDR Raven juga sob (udah tipis banget nih ban depan SM hehe waduh). Jadi kini si Jupe sudah menggunakan ban FDR Raven depan belakang. Dengan ukuran depan 70/90 dan bekalang 80/90.

Last, untuk review penggunaan harian ban FDR Raven ini mungkin akan SM posting bulan depan ya sob. Tapi yang jelas motor jadi lebih ceper sedikit, dibandingkan dengan menggunakan ban langganana SM sebelumnya. Oh iya sob, untuk harganya sendiri, ban luar FDR Raven ini dijual dengan harga Rp 140.000 (depan ukuran 70/90) dan Rp 180.000 (belakang - ukuran 80/90). Okelah sob.. semoga bergunaa. (www.sobatmotor.com)

Mencoba Ban FDR Raven di Yamaha Jupiter Z 115 untuk harian



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama