MotoGP : Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP musim 2023 ! - Sobatmotor.com

27 November 2023

MotoGP : Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP musim 2023 !


MotoGP : Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP musim 2023 !
Nah sob, akhirnya resmi sudah Francesco Bagnaia adalah Juara Dunia MotoGP untuk musim 2023 ini. Berkat kemenangan di final musim GP Valencia yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste, pebalap Tim Ducati Lenovo itu mengamankan gelar juara dunia keduanya di kelas premier. Setelah menorehkan sejarah sebagai pebalap Italia pertama yang meraih kemenangan di MotoGP dengan paprikan motor Italia pada tahun lalu, pebalap Tim Ducati Lenovo tersebut kini telah menorehkan babak penting lainnya dalam sejarah balap motor dengan mengukuhkan kembali dirinya di puncak dunia dengan Desmosedici GP miliknya.
 
Bagi duo Ducati, ini merupakan perjalanan emosional lainnya dengan 7 kesuksesan diraih di 20 race dan 4 kemenangan di balapan Saturday Sprint. Dari kemenangan pertamanya di Grand Prix perdana di Portimão, hingga kesuksesan yang tak terlupakan di Jerez, hingga kemenangan di depan penonton tuan rumah di Mugello, hingga kemenangan besarnya di Belanda dan Austria, Pecco dan Desmosedici GP-nya melaju menuju yang kedua. Gelar juara sepertinya tak terbendung, namun kecelakaan dramatis di Barcelona, yang membuat pebalap asal Chivasso itu beruntung bisa sembuh dengan luka memar namun tanpa patah tulang, menghentikan kebangkitannya.
 
Dengan semakin selarasnya Jorge Martín dengan tim Pramac Racing Desmosedici GP-nya, perebutan gelar juara dunia pun segera menjadi head-to-head antara kedua pebalap Ducati. Namun respon Bagnaia tak butuh waktu lama, dan dengan kemenangan spektakuler lainnya di Indonesia, bangkit dari posisi ketiga belas di grid, pebalap Tim Ducati Lenovo itu kembali melanjutkan pendakiannya ke puncak Kejuaraan Dunia.
 
Final menarik hari ini di Valencia menampilkan Bagnaia start dari posisi pertama di grid menyusul penalti untuk Vinales (Aprilia) saat pemanasan dan pebalap dari Chivasso memanfaatkan keunggulannya dengan start yang bagus. Di Tikungan 1 lap 2 Martin melakukan pengereman akhir terhadap Pecco untuk mencoba memimpin, namun mereka bersentuhan, dan pembalap Spanyol itu melebar. Martin kemudian terjatuh pada lap 6, mengakhiri perebutan gelar. Bagnaia mewarisi keunggulan pada lap 19 saat Miller (KTM) terjatuh di Tikungan 11.
 
Rekan setimnya Enea Bastianini kembali mengalami nasib malang di race Valencia. Start di grid ke-14, balapan Bastianini hanya bertahan 9 lap setelah ia tersingkir di Tikungan 1.
 
Francesco Bagnaia (#1, Tim Ducati Lenovo)
“Saya sangat senang, lebih dari ini adalah hal yang mustahil, juga karena kami memenangkan balapan jadi ini luar biasa. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim, mereka melakukan pekerjaan luar biasa, dari Barcelona, itu cukup sulit bagi kami, tapi kami pantas mendapatkan gelar ini lebih dari siapa pun. Saya tidak melihat apa pun di belakang saya, saya berpikir Jorge masih dalam balapan, dan saya cukup takut akan hal itu. Saya hanya berpikir untuk memenangkan perlombaan karena itu adalah cara terbaik untuk menyelesaikan musim.” 

MotoGP : Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP musim 2023 !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar