Tips mendinginkan suhu mesin motor yang tanpa radiator . . . ala ane - Sobatmotor.com

12 April 2014

Tips mendinginkan suhu mesin motor yang tanpa radiator . . . ala ane


Tips mendinginkan suhu mesin motor yang tanpa radiator . . . ala ane
Beberapa hari yang lalu si Jupe ane bawa ke Taman Budaya yang ada di Medan brosist.Ane ikut temen - temen ane yang mau lomba drama dalam rangka ().Berangkat dari sekolah ane jam 9 pagi,rombongan bermotor yang bersikan 2 Honda scoopy karbu dan 1 Yamaha Jupiter Z (ane dan Aslam boncengan).Perjalan pergi ane rasa ga ada kendala yang berarti,cuaca cerah dan jalanan ga macet. 

Sekitar jam 6 sore harinya,setelah perlombaan selesai dan pengumuman selesai (sekolah kami mendapatkan juara 2..joss!) kamipun kembali pulang.Dan seperti yang ane khawatirkan sebelumnya,macet terjadi dimana - mana brosis.Berusaha mencari jalan tikus untuk mencari jalan alternatif dengan harapan bisa lepas dari kemacetan.Total ada 3 titik kemacetan yang kami hadapi.Di tambah lagi gerimis rintik - rintik membuat beberapa lokasi jalan tikus yang kami lalui agak becek bahkan berlumpur.
Tips mendinginkan suhu mesin motor yang tanpa radiator . . . ala ane
Dan seperti yang brosis tau,Yamaha Jupiter Z 115 alias Jupe ga punya radiator.Untuk pendinginan sushu mesinnya dilakukan pada waktu berjalan (angin sepoy sepoy).Dan pada saat kemacetan seperti itu ane yang membonceng Aslam yang memiliki berat badan lebih dari ane (Aslam agak sedikit lebih besar dari ane dah brosis) benar - benar merasakan tenaga jupe yang lumayan terkuras habis (lha namanya boncengan..).Setelah sekitar 1 setengah jam ane dan kawan - kawan muter muter nyari jalan alternatif aka jalan tikus,akhirnya kami sampai di Marelan (udah deket rumah ane dan Aslam) pada jam 18.30.

Setelah nganterin Aslam ke rumah,ane langsung pulang kerumah guna mengistirahatkan si Jupe yang ane kira mulai hampir dikit lagi Over Heat.Dan cara ane mendinginkan mesin si Jupe yang puanass ini boleh di bilang aneh (inikan cara ane,he he).
Tips mendinginkan suhu mesin motor yang tanpa radiator . . . ala ane
Untuk mendinginkan mesin si Jupe yang panas,ane membuka tutup oli mesinnya,tutup oli mesin yang di atas yaaa.. bukan yang di bawah,he he ntar malah jadi ganti oli.Biar ane ga lupa kalau itu motor dalam kondisi tutup oli mesin yang terbuka,ane meletakkan kunci di footstem kanan deket tutup oli mesin.Jadi kalau Jupe mau di gunakan lagi,ane bakalan nyari kunci ke situ terus ane tutup lagi deh itu tutup oli mesin..
Tips mendinginkan suhu mesin motor yang tanpa radiator . . . ala ane
Last,Jupe yang ga punya radiator memang udah takdirnya,he he tanyain ke Yamaha.Tapi tips ane di atas bisa di aplikasikan ke semua motor lho.. (PLAK!).Sekian tips mendinginkan suhu mesin motor tanpa radiator ala ane..semoga berguna dan wassalam! (www.sobatmotor.com)